Salman, Rahmat (2025) PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI ArcGIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN MEMBUAT PETA (Studi Pada Materi Sistem Informasi Geografis di Kelas XII IPS SMAN 17 Garut). Masters thesis, Universitas Siliwangi.
01 Cover.pdf
Download (33kB)
02 LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (148kB)
03 LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (2MB)
04 ABSTRAK.pdf
Download (86kB)
05 KATA PENGANTAR.pdf
Download (82kB)
06 UCAPAN TERIMA KASIH.pdf
Download (88kB)
07 DAFTAR ISI.pdf
Download (35kB)
08 DAFTAR TABEL.pdf
Download (31kB)
09 DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (30kB)
10 BAB I PENDAHULUAN.pdf
Download (58kB)
11 BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf
Download (383kB)
12 BAB III PROSEDUR PENELITIAN.pdf
Download (599kB)
13 BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
14 BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (87kB)
15 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (115kB)
17 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (92kB)
16 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Program Studi Pendidikan Geografi. Pascasarjana. Universitas Siliwangi. Tasikmalaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi ArcGIS terhadap hasil belajar dan keterampilan membuat peta pada materi Sistem Informasi Geografis di kelas XII IPS SMAN 17 Garut. Tujuan khusus dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi ArcGIS terhadap hasil belajar siswa, dan (2) untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi ArcGIS terhadap keterampilan membuat peta yang sesuai dengan kaidah pemetaan. Penelitian ini menggunakan metode pre-experiment dengan desain one group pre- test and post-test design. Subjek penelitian terdiri atas satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Data dikumpulkan melalui tes awal (pre-test), tes akhir (post- test), dan penilaian praktik membuat peta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan rata-rata nilai pre-test ke post-test pada kelas eksperimen, yaitu dari 57,58 menjadi 68,16. Sementara itu, kelas kontrol mengalami peningkatan dari 47,28 menjadi 63,64. Peningkatan ini menunjukkan adanya pengaruh signifikan penggunaan ArcGIS terhadap hasil belajar siswa. Selain itu, keterampilan membuat peta secara teori juga mengalami peningkatan yang signifikan pada kelas eksperimen, ditunjukkan oleh peningkatan skor post- test. Namun, pada aspek praktik pembuatan peta tidak terdapat perbedaan signifikan karena kedua kelas memperoleh perlakuan yang sama dalam kegiatan praktik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi ArcGIS berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar dan keterampilan membuat peta secara teoritis, namun tidak memberikan perbedaan yang signifikan pada keterampilan praktik membuat peta.
Kata kunci: ArcGIS, hasil belajar, keterampilan membuat peta, Sistem Informasi Geografis, pre-eksperimen
| Item Type: | Thesis (Masters) | 
|---|---|
| Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > L Education (General)  | 
        
| Divisions: | Pascasarjana > S2 Pendidikan Geografi | 
| Depositing User: | Lelis Marsidah | 
| Date Deposited: | 03 Nov 2025 07:31 | 
| Last Modified: | 03 Nov 2025 07:31 | 
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/704 | 
