SETIA, GILANG (2025) EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA: PENGETAHUAN KONSEPTUAL TUKANG BANGUNAN. Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (87kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (178kB)
3. SURAT KETERANGAN REVISI UJIAN SKRIPSI.pdf
Download (179kB)
4. PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH.pdf
Download (134kB)
5. ABSTRAK.pdf
Download (13kB)
6. KATA PENGANTAR.pdf
Download (45kB)
7. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (27kB)
8. DAFTAR ISI.pdf
Download (82kB)
9. BAB I PENDAHULUAN.pdf
Download (133kB)
10. BAB II LANDASAN TEORETIS.pdf
Download (223kB)
11. BAB III PROSEDUR PENELITIAN.pdf
Download (91kB)
12. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
13. BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (17kB)
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (162kB)
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Pengetahuan konseptual tukang bangunan dalam proses membangun rumah sederhana mencerminkan penerapan konsep matematika yang berakar pada budaya dan pengalaman langsung di lapangan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengetahuan konseptual tukang bangunan pada proses membangun rumah sederhana dan menggali bagaimana tukang bangunan mendapatkan pengetahuan konseptual. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan etnografi. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian meliputi peneliti sebagai instrumen utama dan pedoman wawancara semiterstruktur. Penelitian ini melibatkan tukang bangunan di Desa Sundakerta Kecamatan Sukahening Kabupaten Tasikmalaya sebagai sumber utama. Teknik analisis data menggunakan model analisis Miles dan Huberman, yang mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tukang bangunan menerapkan berbagai konsep matematika dalam tiga tahapan utama membangun rumah sederhana, yaitu perencanaan, pengerjaan struktur utama, dan penyelesaian akhir. Seluruh pengetahuan konseptual tukang bangunan ini termasuk ke dalam jenis pengetahuan tentang prinsip yang mendasari prosedur; (2) proses pembentukan pengetahuan konseptual tukang bangunan diperoleh melalui pengalaman langsung di lapangan dan diperoleh secara turun-temurun.
Kata kunci: Etnomatematika, Tukang Bangunan, Pengetahuan Konseptual
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics  | 
        
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika | 
| Depositing User: | dewi dewi dewi | 
| Date Deposited: | 03 Nov 2025 02:49 | 
| Last Modified: | 03 Nov 2025 02:49 | 
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/673 | 
