ZULVAN ROSENNA, MUHAMMAD (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI. Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (36kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (122kB)
3. LEMBAR REVISI.pdf
Download (115kB)
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (127kB)
5. HALAMAN PRIBADI.pdf
Download (692kB)
6. ABSTRAK.pdf
Download (610kB)
7. KATA PENGANTAR.pdf
Download (917kB)
8. DAFTAR ISI, TABEL, LAMPIRAN.pdf
Download (951kB)
9. BAB I.pdf
Download (219kB)
10. BAB II.pdf
Download (200kB)
11. BAB III.pdf
Download (371kB)
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (407kB)
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (94kB)
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (225kB)
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar passing bawah bola voli dengan menggunakan model discovery learning pada siswa kelas XI SMK Informatika Al-Ihya Banjarsari tahun ajaran 2024/2025. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan secara kolaboratif oleh peneliti dan guru PJOK dengan latar belakang permasalahan kurangnya kemampuan peserta didik khususnya dalam passing bawah permainan bola voli dan juga minimnya variasi model pembelajaran yang digunakan oleh guru di sekolah yang dapat membantu peserta didik agar lebih aktif dalam proses pembelajaran sehingga diharapkan hasil belajarnya dapat meningkat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan kelas, yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Objek dari penelitian adalah siswa kelas XI SMK Informatika Al-Ihya Banjarsari sebanyak 22 siswa dalam satu kelas dengan jumlah siswa laki-laki sebanyak 8 orang dan siswa perempuan
sebanyak 14 orang, dengan menggunakan kurikulum merdeka dalam pembelajarannya. Berdasarkan hasil penelitian, pengolahan data, analisis data, dan penguji hipotesis, secara keseluruhan pada aspek sikap Rata-rata nilai aspek sikap, pra siklus persentase keberhasilan 0% dan meningkat menjadi 86,36% pada siklus I dan 95,45% pada siklus II. Sedangkan Pada aspek pengetahuan, persentase keberhasilan pra siklus 0% dan meningkat menjadi 50% pada siklus I dan 95,45% pada siklus II. Pada aspek keterampilan, pada saat pra siklus tingkat keberhasilan 0% dan meningkat menjadi 45,45% pada siklus I dan 100% pada siklus II. Berdasarkan hasil temuan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar passing bawah siswa kelas XI SMK Informatika Al-Ihya Banjarsari tahun ajaran 2024/2025.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Discovery Learning, Passing Bawah,
Kurikulum Merdeka, Permainan Bola Voli
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani |
| Depositing User: | user1 user1 user1 |
| Date Deposited: | 23 Oct 2025 02:45 |
| Last Modified: | 23 Oct 2025 02:45 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/61 |
