PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI

ZULVAN ROSENNA, MUHAMMAD (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI. Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (36kB)
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (122kB)
[thumbnail of 3. LEMBAR REVISI.pdf] Text
3. LEMBAR REVISI.pdf

Download (115kB)
[thumbnail of 4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (127kB)
[thumbnail of 5. HALAMAN PRIBADI.pdf] Text
5. HALAMAN PRIBADI.pdf

Download (692kB)
[thumbnail of 6. ABSTRAK.pdf] Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (610kB)
[thumbnail of 7. KATA PENGANTAR.pdf] Text
7. KATA PENGANTAR.pdf

Download (917kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR ISI, TABEL, LAMPIRAN.pdf] Text
8. DAFTAR ISI, TABEL, LAMPIRAN.pdf

Download (951kB)
[thumbnail of 9. BAB I.pdf] Text
9. BAB I.pdf

Download (219kB)
[thumbnail of 10. BAB II.pdf] Text
10. BAB II.pdf

Download (200kB)
[thumbnail of 11. BAB III.pdf] Text
11. BAB III.pdf

Download (371kB)
[thumbnail of 12. BAB IV.pdf] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (407kB)
[thumbnail of 13. BAB V.pdf] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[thumbnail of 14. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (225kB)
[thumbnail of 15. LAMPIRAN.pdf] Text
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar passing bawah bola voli dengan menggunakan model discovery learning pada siswa kelas XI SMK Informatika Al-Ihya Banjarsari tahun ajaran 2024/2025. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan secara kolaboratif oleh peneliti dan guru PJOK dengan latar belakang permasalahan kurangnya kemampuan peserta didik khususnya dalam passing bawah permainan bola voli dan juga minimnya variasi model pembelajaran yang digunakan oleh guru di sekolah yang dapat membantu peserta didik agar lebih aktif dalam proses pembelajaran sehingga diharapkan hasil belajarnya dapat meningkat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan kelas, yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Objek dari penelitian adalah siswa kelas XI SMK Informatika Al-Ihya Banjarsari sebanyak 22 siswa dalam satu kelas dengan jumlah siswa laki-laki sebanyak 8 orang dan siswa perempuan
sebanyak 14 orang, dengan menggunakan kurikulum merdeka dalam pembelajarannya. Berdasarkan hasil penelitian, pengolahan data, analisis data, dan penguji hipotesis, secara keseluruhan pada aspek sikap Rata-rata nilai aspek sikap, pra siklus persentase keberhasilan 0% dan meningkat menjadi 86,36% pada siklus I dan 95,45% pada siklus II. Sedangkan Pada aspek pengetahuan, persentase keberhasilan pra siklus 0% dan meningkat menjadi 50% pada siklus I dan 95,45% pada siklus II. Pada aspek keterampilan, pada saat pra siklus tingkat keberhasilan 0% dan meningkat menjadi 45,45% pada siklus I dan 100% pada siklus II. Berdasarkan hasil temuan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar passing bawah siswa kelas XI SMK Informatika Al-Ihya Banjarsari tahun ajaran 2024/2025.

Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Discovery Learning, Passing Bawah,
Kurikulum Merdeka, Permainan Bola Voli

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani
Depositing User: user1 user1 user1
Date Deposited: 23 Oct 2025 02:45
Last Modified: 23 Oct 2025 02:45
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/61

Actions (login required)

View Item
View Item