Astuti, Yani (2025) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR STEAM BERBASIS PjBL PADA MATERI KLASIFIKASI TUMBUHAN KELAS VII SMP/MTs. Masters thesis, Universitas Siliwangi.
01. Cover.pdf
Download (317kB)
02. Halaman Pengesahan.pdf
Download (208kB)
03. Pernyataan Keaslian Karya Ilmiah.pdf
Download (164kB)
04. Abstrak.pdf
Download (458kB)
05. Kata Pengantar.pdf
Download (385kB)
06. Daftar Isi.pdf
Download (432kB)
07. Daftar Tabel.pdf
Download (428kB)
08. Daftar Gambar.pdf
Download (358kB)
09. Daftar Lampiran.pdf
Download (363kB)
10. Bab I Pendahuluan.pdf
Download (635kB)
11. Bab II Kajian Teoritis.pdf
Download (799kB)
12. Bab III Metodologi Penelitian.pdf
Download (1MB)
13. Bab IV Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
14. Bab V Simpulan dan Saran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (530kB)
15. Daftar Pustaka.pdf
Download (710kB)
16. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
17. Riwayat Hidup Penulis.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (374kB)
Abstract
Pembelajaran abad 21 diharapkan menumbuhkan keterampilan menghadapi era revolusi industri 4.0. Kenyataannya peserta didik masih pasif dan kurang antusias mengikuti pembelajaran, kurang terasahnya penggunaan teknologi, kurang pemahaman materi, serta penggunaan bahan ajar STEAM berbasis PjBL belum pernah digunakan. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan, kevalidan, kepraktisan dan keefektifan bahan ajar STEAM berbasis PjBL pada materi klasifikasi tumbuhan. Penelitian ini menggunakan desain model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Analisis data terdiri dari data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian pada tahap define dilakukan analisis awal-akhir, analisis karakteristik peserta didik, analisis konsep, analisis tugas, dan analisis tujuan pembelajaran. Tahap design dilakukan perancangan produk beserta instrumen penelitian. Tahap develop dilakukan validasi produk, uji coba satu-satu dan uji coba kelompok kecil untuk menguji praktikalitas produk. Tahap disseminate dilakukan uji coba lapangan untuk menguji efektivitas penggunaan produk, pengemasan produk dalam bentuk cetak, dan penyebarluasan pada beberapa madrasah di Tasikmalaya. Validasi bahan ajar oleh ahli materi diperoleh persentase 90,75% dan ahli media 90, 40% keduanya dinyatakan sangat valid, hasil respon peserta didik pada ujicoba satu-satu diperoleh persentase 92,08% dalam kategori sangat praktis, pada ujicoba kelompok kecil diperoleh persentase 92,22% dalam kategori sangat praktis. Hasil analisis pretest-posttest pemahaman materi peserta didik dengan uji N-Gain diperoleh skor 0,74 dengan kategori tinggi. Hasil analisis Efffect Size diperoleh nilai 4,06 dengan kategori Strong Effect. Dapat disimpulkan bahan ajar STEAM berbasis PjBL dapat menjadi salah satu media pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPA, khususnya materi klasifikasi tumbuhan.
Kata Kunci: bahan ajar, STEAM, PjBL, hasil belajar
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
| Divisions: | Pascasarjana > S2 Pendidikan IPA |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 30 Oct 2025 08:19 |
| Last Modified: | 30 Oct 2025 08:19 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/553 |
