Sendi, Sendi (2025) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN IPA KONTEKSTUAL BERBASIS ETNOSAINS UNTUK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA MATERI PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN DI SMPN SATU ATAP 1 SIDAMULIH. Other thesis, Universitas Siliwangi.
01 COVER.pdf
Download (109kB)
02 PENGESAHAN.pdf
Download (434kB)
03 LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (353kB)
04 ABSTRAK.pdf
Download (263kB)
05 DAFTAR ISI.pdf
Download (191kB)
06 KATA PENGANTAR.pdf
Download (189kB)
07 DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (155kB)
07 DAFTAR TABEL.pdf
Download (220kB)
09 DAFTAR GRAFIK.pdf
Download (155kB)
10 DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (155kB)
11 BAB 1.pdf
Download (273kB)
12 BAB 2.pdf
Download (419kB)
13 BAB 3.pdf
Download (761kB)
14 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (787kB)
15 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (228kB)
16 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (247kB)
17 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
18 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf
Download (1MB)
19 RH PENULIS.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (86kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas pembelajaran IPA kontekstual berbasis etnosains dalam memperkuat dimensi Profil Pelajar Pancasila pada materi perkembangbiakan tumbuhan vegetatif buatan di SMPN Satu Atap 1 Sidamulih. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Subjek penelitian terdiri dari tiga kelompok, yaitu kelas eksperimen, kontrol positif, dan kontrol negatif, dengan jumlah total 68 siswa. Teknik analisis data meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji ANOVA, serta perhitungan effect size menggunakan rumus Cohen’s d. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran IPA kontekstual berbasis etnosains memberikan pengaruh yang signifikan terhadap penguatan seluruh dimensi Profil Pelajar Pancasila. Hasil uji ANOVA menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 pada seluruh dimensi, yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan di antara ketiga kelompok yang diuji. Nilai effect size berkisar antara 0,864 hingga 1,465, yang menunjukkan kategori efek sedang hingga tinggi. Dimensi Beriman, Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia; Berkebinekaan Global; serta Kreatif menunjukkan pengaruh tertinggi dengan kategori efek tinggi, sedangkan dimensi Mandiri, Bergotong Royong, dan Bernalar Kritis berada dalam kategori efek sedang. Temuan ini membuktikan bahwa pembelajaran IPA kontekstual berbasis etnosains efektif tidak hanya dalam meningkatkan capaian akademik, tetapi juga dalam membentuk karakter siswa sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila. Oleh karena itu, model pembelajaran ini direkomendasikan untuk diterapkan secara lebih luas dalam kurikulum yang mendukung pendidikan karakter berbasis budaya lokal.
Kata Kunci: Pembelajaran IPA Kontekstual, Etnosains, Profil Pelajar Pancasila, Perkembangbiakan Tumbuhan, Efektivitas
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
| Divisions: | Pascasarjana > S2 Pendidikan IPA |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 30 Oct 2025 08:14 |
| Last Modified: | 30 Oct 2025 08:14 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/552 |
