Salsyabila, Syahrani (2025) PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN FINANCIAL DISTRESS TERHADAP PERILAKU KEUANGAN MAHASISWA DI UNIVERSITAS SILIWANGI. Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (210kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (116kB)
3. MOTTO.pdf
Download (92kB)
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (107kB)
5. KATA PENGANTAR.pdf
Download (243kB)
6. ABSTRACT & ABSTRAK.pdf
Download (270kB)
7. DAFTAR ISI.pdf
Download (313kB)
8. BAB I.pdf
Download (326kB)
9. BAB II.pdf
Download (481kB)
10. BAB III.pdf
Download (388kB)
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (768kB)
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (248kB)
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (285kB)
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh literasi keuangan dan
financial distress terhadap perilaku keuangan mahasiswa penerima Kartu Indonesia
Pintar Kuliah di Universitas Siliwangi. Metode yang digunakan adalah motode
kuantitatif dengan pendekatan survei melalui kuesioner dengan skala Likert.
Pengumpulan sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik purposive
sampling, sedangkan analisis data menggunakan regresi jalur (path analysis)
berbasis regresi berganda untuk menguji hubungan antar variabel dengan
menggunakan software program computer IBM SPSS Statistiks 25. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa literasi keuangan berpengaruh positif signifikan terhadap
perilaku keuangan, sementara financial distress berpengaruh negatif signifikan.
Temuan ini mengindikasikan pentingnya peningkatan literasi keuangan untuk
mendorong perilaku keuangan yang lebih baik pada mahasiswa.
Kata kunci: Literasi Keuangan, Financial Distress, Perilaku Keuangan
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi > Akuntansi |
| Depositing User: | irma sri katon |
| Date Deposited: | 30 Oct 2025 04:23 |
| Last Modified: | 30 Oct 2025 04:23 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/520 |
