AMALIA, NASYITHA (2025) PENGARUH MEDIA WEBSITE BAAMBOOZLE TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI KELAS XI IPS 2 SMAN 1 CIHAURBEUTI. Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (180kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (79kB)
3. LEMBAR PENGUJI.pdf
Download (223kB)
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (72kB)
5. HALAMAN PRIBADI.pdf
Download (227kB)
6. ABSTRAK-1.pdf
Download (209kB)
7. KATA PENGANTAR.pdf
Download (202kB)
8. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf
Download (235kB)
9. DAFTAR ISI.pdf
Download (204kB)
10. DAFTAR TABEL.pdf
Download (144kB)
11. DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (201kB)
12. DAFTAR BAGAN.pdf
Download (139kB)
13. DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (147kB)
14. BAB I PENDAHULUAN.pdf
Download (272kB)
15. BAB II TINJAUAN TEORITIS.pdf
Download (431kB)
16. BAB III PROSEDUR PENELITIAN.pdf
Download (397kB)
17. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (374kB)
18. BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (244kB)
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (197kB)
20. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media website Baamboozle terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah di kelas XI IPS 2 SMAN 1 Cihaurbeuti. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi experiment jenis non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPS di SMAN 1 Cihaurbeuti. Sampel penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling, yaitu kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol yang masing-masing terdiri dari 36 peserta didik. Data dikumpulkan melalui angket yang sebelumnya sudah diuji dengan uji validitas instrumen menggunakan rumus Product Moment pada taraf signifikansi 5% serta diuji reliabilitasnya menggunakan Cronbach’s Alpha. Teknik analisis data mencakup uji normalitas Shapiro-Wilk, uji homogenitas, uji hipotesis menggunakan Independent Sample t-Test dengan bantuan aplikasi IBM SPSS Statistics 27. Hasil analisis menunjukkan nilai sig. (2-tailed) yaitu <0,001 yang berarti lebih kecil dari 0,05. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan media website Baamboozle terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah di kelas XI IPS 2 SMAN 1 Cihaurbeuti, sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak. Rata-rata nilai pretest pada kelas eksperimen adalah 65, sedangkan rata-rata nilai posttest mencapai 89. Hasil uji N-Gain menunjukkan bahwa rata-rata skor N-Gain di kelas eksperimen mencapai 0,70 yang termasuk dalam kategori "tinggi", sedangkan kelas kontrol mencapai 0,20 yang termasuk ke dalam kategori ”rendah”. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media website Baamboozle memiliki peningkatan yang tinggi terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah di kelas XI IPS 2 SMAN 1 Cihaurbeuti.
Kata Kunci: Website Baamboozle, Minat Belajar, Pembelajaran Sejarah
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | D History General and Old World > D History (General) L Education > L Education (General)  | 
        
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah | 
| Depositing User: | Lelis Marsidah | 
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 08:29 | 
| Last Modified: | 29 Oct 2025 08:29 | 
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/442 | 
