ABQORIYAH, ZAHRA (2024) PERBEDAAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA WORD SQUARE (Studi Quasi Eksperimen Kepada Peserta Didik Kelas X IPS SMA Negeri 1 Cihaurbeuti Tahun Ajaran 2023/2024). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (6MB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (278kB)
3. LEMBAR PENGUJI.pdf
Download (6MB)
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (6MB)
5. ABSTRAK.pdf
Download (6MB)
6. KATA PENGANTAR.pdf
Download (6MB)
7. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf
Download (6MB)
8. DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (6MB)
9. BAB 1.pdf
Download (6MB)
10. BAB 2.pdf
Download (6MB)
11. BAB 3.pdf
Download (7MB)
12. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
13. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (6MB)
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (9MB)
16. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Masalah pokok terkait penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah perlakuan serta perbedaan peningkatan hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen 1 dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan media Word Square dan kelas eksperimen 2 dengan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media Word Square. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Cihaurbeuti. Metode penelitian yang digunakan metode kuasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan matching pre-test – post-test control group design. Populasi pada penelitian ini adalah kelas X IPS SMA Negeri 1 Cihaurbeuti, menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah peserta didik 72. Instrumen yang digunakan adalah soal berbentuk pilihan ganda pada mata pelajaran ekonomi sebanyak 35 soal. Teknik analisis data menggunakan bantuan program SPSS 29 yaitu uji paired sample t-test dan uji independent sample t-test dengan taraf signifikansi 0,05 atau 5%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh signifikansi sebesar 0,001 sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen 1 yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan media Word Square sesudah diberikan perlakuan dan kelas eksperimen 2 yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media Word Square sesudah diberikan perlakuan.
Kata kunci : Kooperatif, Student Teams Achievement Division, Teams Games Tournament, Word Square.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
| Depositing User: | user1 user1 user1 |
| Date Deposited: | 24 Dec 2025 02:53 |
| Last Modified: | 24 Dec 2025 02:53 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3330 |
