DEWI, INEU PUSPITA (2024) PENGGUNAAN GUA JEPANG DI PANGANDARAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH PADA MATERI PENDUDUKAN JEPANG DI INDONESIA BAGI PESERTA DIDIK KELAS XI IPS SMAN 1 PANGANDARAN. Other thesis, Universitas siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (61kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (275kB)
3. LEMBAR PENGUJI.pdf
Download (196kB)
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (214kB)
5. HALAMAN PRIBADI.pdf
Download (106kB)
6. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf
Download (46kB)
7. KATA PENGANTAR.pdf
Download (74kB)
8. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf
Download (12kB)
9. DAFTAR-DAFTAR.pdf
Download (101kB)
10. BAB 1.pdf
Download (139kB)
11. BAB 2.pdf
Download (157kB)
12. BAB 3.pdf
Download (91kB)
13. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (259kB)
14. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (50kB)
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (180kB)
16. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
17. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (51kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perencanaan guru sebelum menggunakan gua Jepang, mendeskripsikan proses penggunaan Gua Jepang sebagai sumber belajar sejarah dan mendeskripsikan kelebihan serta kekurangan penggunaan Gua Jepang sebagai sumber belajar sejarah pada materi pendudukan Jepang di Indonesia bagi peserta didik kelas XI IPS di SMAN 1 Pangandaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode naratif. Data dikumpulkan dengan teknik observasi dan wawancara semi terstruktur dengan instrumen berupa catatan lapangan dan pedoman wawancara. Teknik validitas pada penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi waktu. Tahapan pra penelitian yaitu observasi sudah dilakukan dengan teknik observasi tidak terstruktur. Temuan dari penelitian ini, didapatkan informasi bahwa penggunaan gua Jepang sebagai sumber belajar sejarah mampu dijadikan sumber belajar sejarah yang baik. Kelebihan dari penggunaan gua Jepang mampu memberikan penjelasan konkret untuk memudahkan peserta didik memahami tentang pendudukan Jepang di Indonesia. Kekurangan dari penggunaan Gua Jepang di pengaruhi oleh beberapa faktor seperti faktor internal yaitu adanya gaya belajar dan antusias peserta didik yang berbeda-beda dan faktor eksternal yaitu membutuhkan waktu yang cukup lama serta gejala alam yang berhubungan dengan kondisi di Cagar Alam. Hasil penggunaan gua Jepang sebagai sumber belajar sejarah ternyata mampu menumbuhkan motivasi dan keaktifan peserta didik dalam memahami materi sejarah khususnya materi terkait pendudukan Jepang di Indonesia.
Kata Kunci : Sumber Belajar, Belajar Sejarah, Gua Jepang.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > LA History of education |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
| Depositing User: | user2 user2 user2 |
| Date Deposited: | 24 Dec 2025 02:10 |
| Last Modified: | 24 Dec 2025 02:10 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3315 |
