Yuliana, Aneu Rizky (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) BERBANTUAN MEDIA GAME OF QUESTION CARD TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA (Studi Eksperimen pada Mata Pelajaran Geografi Materi Lapisan Atmosfer Kelas X SMA Negeri 24 Garut). Other thesis, Universitas siliwangi.
1 COVER.pdf
Download (229kB)
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (69kB)
3 LEMBAR PENGUJI.pdf
Download (37kB)
4 LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (59kB)
5 ABSTRAK.pdf
Download (286kB)
6 KATA PENGANTAR.pdf
Download (283kB)
7 UCAPAN TERIMA KASIH.pdf
Download (228kB)
8 DAFTAR ISI.pdf
Download (229kB)
9 DAFTAR TABEL.pdf
Download (246kB)
10 DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (240kB)
11 BAB 1.pdf
Download (267kB)
12 BAB 2.pdf
Download (691kB)
13 BAB 3.pdf
Download (447kB)
14 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
15 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (233kB)
16 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (191kB)
17 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
18 RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (225kB)
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran geografi yang masih rendah dalam memahami materi karakteristik lapisan atmosfer. Materi tersebut dipelajari di kelas X yang terdapat dalam kurikulum Merdeka. Adanya kesulotan dari guru dalam penyampaian materi agar siswa mampu memahami materi yang diberikan dikarenakan cara belajar siswa yang beragam menjadi salah satu faktor rendahnya hasil belajar kognitif, di mana masih banyaknya siswa dengan hasil belajar kognitif di bawah KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tahapan dan pengaruh penerapan Model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) berbantuan media game of question card pada materi karakteristik lapisan atmosfer di kelas X SMA Negeri 24 Garut, Kabupaten Garut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik simple random sampling, sebanyak 67 orang yang terdiri dari dua kelas, kelas X-01 (kelas eksperimen) dan kelas X-02 (kelas kontrol), dengan teknik analisis data yaitu analitis deskriptif, analisis data statistic, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji gain. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) berbantuan media game of question card terdiri dari langkah: Auditory, Intellectually, Repetition. Kelas yang diberikan treatment dengan menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) berbantuan media game of question card dibuktikan oleh hasil perhitungan nilai gain yang didapat di kelas eksperimen lebih banyak di 0, 559 dengan kategori sedang, sedangkan di kelas kontrol lebih banyak di 0,36 dengan kategori sedang, Berdasarkan hal tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) berbantuan media game of question card memiliki pengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa lebih baik dibandingkan dengan yang menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) tanpa menggunakan media pembelajaran.
Kata Kunci: Auditory Intellectually Repetition (AIR), media game of question card, hasil belajar kognitif
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi |
| Depositing User: | user2 user2 user2 |
| Date Deposited: | 24 Dec 2025 02:05 |
| Last Modified: | 24 Dec 2025 02:05 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3312 |
