DESAIN PEMBELAJARAN SEGIEMPAT DAN SEGITIGA MELALUI INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN GEOGEBRA DAN BERORIENTASI LITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK

ANWAR, IHSAN NURIL (2024) DESAIN PEMBELAJARAN SEGIEMPAT DAN SEGITIGA MELALUI INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN GEOGEBRA DAN BERORIENTASI LITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK. Other thesis, Universitas siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (82kB)
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (339kB)
[thumbnail of 3. LEMBAR PENGUJI SKRIPSI.pdf] Text
3. LEMBAR PENGUJI SKRIPSI.pdf

Download (359kB)
[thumbnail of 4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (136kB)
[thumbnail of 5. ABSTRAK.pdf] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[thumbnail of 6. KATA PENGANTAR.pdf] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (173kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR ISI.pdf] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (150kB)
[thumbnail of 8. BAB I.pdf] Text
8. BAB I.pdf

Download (388kB)
[thumbnail of 9. BAB II.pdf] Text
9. BAB II.pdf

Download (533kB)
[thumbnail of 10. BAB III.pdf] Text
10. BAB III.pdf

Download (169kB)
[thumbnail of 11. BAB IV.pdf] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 12. BAB V.pdf] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[thumbnail of 13. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (189kB)
[thumbnail of 14. LAMPIRAN.pdf] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23MB)
[thumbnail of 15. RIWAYAT HIDUP.pdf] Text
15. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan menerapkan desain pembelajaran segiempat dan segitiga dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan geogebra melalui perancangan Hypothetical Learning Trajectory dengan konteks matematika untuk membantu proses matematisasi peserta didik sehingga menghasilkan learning trajectory yang efektif dan efisien, serta capaian literasi numerasi yang baik. Metode yang digunakan adalah design research yang terdiri dari tiga tahap yaitu preparing for the experiment, design experiment, dan retrospective analysis. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi untuk mengamati dan mencatat hal hal yang terjadi selama proses pembelajaran, merekam proses pembelajaran guna memperoleh data selama tahap design experiment, memberikan tes literasi numerasi untuk mengetahui dampak dan capaian literasi numerasi peserta didik, dan wawancara kepada peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 19 Tasikmalaya kelas VII C sebagai kelas pilot experiment dan kelas VII A sebagai kelas teaching experiment. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) penggunaan konteks matematika berperan dalam merepresentasikan visualisasi dan memfasilitasi pemahaman konsep. (2a) Learning trajectory Luas Segiempat dan segitiga: (i) Mathematical World Orientation: Mengaitkan konsep matematika dengan konteks nyata; (ii) Model Material: Memvisualisasikan konsep menggunakan alat bantu seperti Geogebra; (iii) Building Stone Number: Menganalisis tabel yang disajikan; dan (iv) Formal Notation: Menyimpulkan konsep luas secara formal. (2b) Learning Trajectory Keliling Segiempat dan Segitiga: (i) Mathematical World Orientation: Memberikan konteks relevan terkait keliling; (ii) Model Material: Memodelkan masalah kontekstual ke bentuk matematika; (iii) Building Stone Number: Menganalisis tabel luas yang disajikan; dan (iv) Formal Notation: Menyimpulkan konsep luas secara formal. (3) Capaian literasi numerasi peserta didik pada siklus pilot experiment 82% dan pada siklus teaching experiment 93%.

Kata kunci: Design Research, Geogebra, Inkuiri Terbimbing, Learning Trajectory, Literasi Numerasi, Segiempat dan Segitiga

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: user2 user2 user2
Date Deposited: 23 Dec 2025 02:02
Last Modified: 23 Dec 2025 02:02
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3235

Actions (login required)

View Item
View Item