ALAWIYAH, PARIDAH (2024) PERKEMBANGAN SISTEM PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN AL-MADINAH DI KABUPATEN CIANJUR TAHUN 2001-2020. Other thesis, Universitas siliwangi.
01 Cover.pdf
Download (157kB)
02 Lembar Pengesahan.pdf
Download (74kB)
03 Lembar Penguji.pdf
Download (56kB)
04 Lembar Pernyataan.pdf
Download (79kB)
05 Abstrak.pdf
Download (117kB)
06 Abstract.pdf
Download (117kB)
07 Kata Pengantar.pdf
Download (212kB)
08 Ucapan Terima Kasih.pdf
Download (186kB)
09 Daftar Isi.pdf
Download (230kB)
10 Daftar Gambar.pdf
Download (115kB)
11 Daftar Tabel.pdf
Download (116kB)
12 Daftar Grafik.pdf
Download (117kB)
13 Daftar Lampiran.pdf
Download (116kB)
14 BAB 1.pdf
Download (294kB)
15 BAB 2.pdf
Download (575kB)
16 BAB 3.pdf
Download (636kB)
17 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (251kB)
18 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (184kB)
19 Daftar Pustaka.pdf
Download (192kB)
20 Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Modernisasi kabupaten Cianjur berdampak pada kemajuan lembaga pondok pesantren yang harus berinovasi sesuai dengan zamannya. Pondok pesantren Al Madinah salah satu pondok pesantren yang berinovasi mengubah manajemennya dari salafi menjadi khalafi. Pondok tersebut mulai dirintis pada tahun 1999 oleh Farid Madani dan Nunung Nurhikmah. Sejak pendiriannya hingga tahun 2020 mengalami perkembangan pada sistem pendidikan. Skripsi ini bertujuan untuk 1) mengetahui awal pendirian pondok pesantren Al-Madinah tipe salafi di Kabupaten Cianjur tahun 2001-2010; 2) untuk mengetahui perkembangan sistem pendidikan pondok pesantren Al-Madinah tipe khalafi di Kabupaten Cianjur tahun 2011 2020; 3) untuk mengetahui kontribusi pondok pesantren Al-Madinah tipe salafi dan khalafi dalam pendidikan dan sosial di Kabupaten Cianjur. Metode yang digunakan yakni metode penelitian historis teridiri dari heuristik, verifikasi, interpretasi, historiografi. Pengumpulan data pada skripsi ini dengan observasi, wawancara, dan studi pustaka. Hasil penelitian diketahui 1) awal mula berdirinya pondok pesantren Al-Madinah yakni majelis ta’lim nurul hidayah yang didirikan oleh Sanusi, kemudian dikelola oleh Farid Madani menjadi pondok pesantren, pada awal pendirian tahun 2001-2010 memilki tipe salafi, namun mengalami perkembangan pada tahun 2011-2020 menjadi khalafi dengan mengubah segala manajemen pondok pesantrennya; 2) perkembangan pondok pesantren terjadi dalam bidang sarana prasarana dan kurikulum. Setiap tahunnya sarana dan prasarana bertambah dan memiliki dua kurikulum yakni kurikulum pondok pesantren dan kurikulum nasional. Pondok pesantren Al-Madinah mengintegrasikan kurikulum pesantren kedalam kurikulum nasional. Metode pembelajaran yang digunakan yaitu sorogan, bandongan/wetonan dan halaqoh yang digunakan pada kedua tipe pondok pesantren; 4) kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh pondok pesantren Al-Madinah memiliki kontribusi untuk masyarakat dalam bidang pendidikan dan sosial.
Kata Kunci : Khalafi, Pondok Pesantren, Salafi
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > LA History of education |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
| Depositing User: | user2 user2 user2 |
| Date Deposited: | 23 Dec 2025 01:57 |
| Last Modified: | 23 Dec 2025 01:57 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3233 |
