HAFIZHAH, DINDA (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTUAN ARTICULATE STORYLINE 3 PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME). Other thesis, Universitas siliwangi.
01 COVER.pdf
Download (88kB)
02 LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (1MB)
03 LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (92kB)
04 ABSTRAK.pdf
Download (13kB)
05 KATA PENGANTAR.pdf
Download (73kB)
06 DAFTAR ISI.pdf
Download (104kB)
07 DAFTAR TABEL.pdf
Download (91kB)
08 DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (65kB)
09 DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (36kB)
10 BAB 1.pdf
Download (141kB)
11 BAB 2.pdf
Download (316kB)
12 BAB 3.pdf
Download (321kB)
13 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
15 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (174kB)
16 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
14 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (15kB)
17 RIWAYAT PENULIS.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (78kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan media pembelajaran interaktif berbantuan Articulate Storyline 3 pada materi sistem persamaan linear dua variabel melalui pendekatan RME. Metode penelitian yang digunakan adalah Research & Development (R&D) dengan model ADDIE (analysis, design, development, implementation, and evaluation). Analisis menunjukkan bahwa peserta didik memerlukan aplikasi media pembelajaran interaktif untuk memabntu peserta didik pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Desain mencakup pembuatan struktur navigasi, flowchart, storyboard, rancangan materi pembelajaran, dan instrumen penelitian. Pengembangan dan implementasi meliputi preproduction, production, post production, serta uji coba kelas kecil dan uji lapangan. Evaluasi terdiri dari umpan balik melalui lembar kualitas instruksional. Data dikumpulkan melalui wawancara tidak terstruktur dan kuesioner. Hasil validasi menunjukkan bahwa kualitas tujuan dan isi dinilai sangat layak oleh ahli materi dengan persentase rata-rata 98%, sementara kualitas teknis dinilai sangat layak oleh ahli media dengan persentase rata-rata 91%. Penilaian kualitas instruksional berdasarkan respons peserta didik setelah menggunakan media pembelajaran memperoleh persentase 88%, yang termasuk dalam kriteria sangat baik. Oleh karena itu, media pembelajaran interaktif ini dapat dinyatakan sangat baik dan efektif sebagai alternatif untuk proses pembelajaran.
Kata kunci : Articulate Storyline 3, Pengembangan, Realistic Mathematic Education
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | user2 user2 user2 |
| Date Deposited: | 23 Dec 2025 01:49 |
| Last Modified: | 23 Dec 2025 01:49 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3229 |
