FARIZA, ADRI (2024) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING ATAS PADA PERMAINAN BOLA VOLI MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII-A SMP Negeri 5 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Other thesis, Universitas siliwangi.
1. COVER .pdf
Download (26kB)
2. LEMBAR PENGESAHN .pdf
Download (190kB)
3. LEMBAR PENGUJI.pdf
Download (154kB)
4. LEMBAR PERNYATAAN .pdf
Download (94kB)
5. HALAMAN PRIBADI.pdf
Download (4kB)
6. ABSRRAK.pdf
Download (11kB)
7. KATA PENGANTAR .pdf
Download (118kB)
8. UCAPAN TERIMAKASIH .pdf
Download (72kB)
9. DAFTAR ISI .pdf
Download (103kB)
10. BAB 1.pdf
Download (85kB)
11. BAB 2.pdf
Download (404kB)
12. BAB 3.pdf
Download (179kB)
13. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (447kB)
14. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (9kB)
15. DAFTAR PUSTAKA .pdf
Download (86kB)
16. LAMPIRAN .pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
17. RIWAYAT HIDUP .pdf
Restricted to Repository staff only
Download (21kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar passing atas pada permainan bola voli melalui model cooperative learning tipe jigsaw pada siswa kelas VII-A SMP Negeri 5 Kota Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan 2 siklus. Subjek penelitian siswa kelas VII-A SMP Negeri 5 Kota Tasikmalaya jumlah laki laki 17 dan perempuan 16 siswa, objek penelitian ini adalah proses pembelajaran passing atas pada permainan bola voli melalui model cooperative learning tipe jigsaw. Instrumen penelitian menerapkan tes observasi dan tes unjuk kerja menggunakan rubrik penilaian yang terdapat pada Modul Ajar dimaksudkan untuk mengetahui nilai proses. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar passing atas permainan bola voli melalui model cooperative learning tipe jigsaw pada siswa kelas VII-A SMP Negeri 5 Kota Tasikmalaya. Setelah penerapan model cooperative learning tipe jigsaw pada siswa kelas VII-A dilakukan dengan 2 siklus hasilnya sebesar 83,83 diatas Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP) yaitu 76. Dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran melalui model cooperative learning tipe jigsaw terbukti dapat meningkatkan hasil belajar teknik dasar passing atas permainan bola voli di kelas VII-A SMP Negeri 5 Kota Tasikmalaya.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Cooperative Learning Tipe Jigsaw, Passing Atas, Permainan Bola Voli.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani |
| Depositing User: | user2 user2 user2 |
| Date Deposited: | 19 Dec 2025 07:55 |
| Last Modified: | 19 Dec 2025 07:55 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3133 |
