AZIZ, MUHAMAD ABDUL (2024) ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR. Other thesis, Universitas siliwangi.
1.COVER.pdf
Download (81kB)
2. Lembar Pengesahan.pdf
Download (262kB)
3. SK REVISI UJIAN SKRIPSI.pdf
Download (95kB)
4. PERNYATAAN KEASLIAN.pdf
Download (52kB)
5. ABSTRAK.pdf
Download (5kB)
6. KATA PENGANTAR.pdf
Download (72kB)
7. DAFTAR ISI.pdf
Download (50kB)
8. DAFTAR TABEL.pdf
Download (44kB)
9. DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (45kB)
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (46kB)
11. BAB 1.pdf
Download (68kB)
12. BAB 2.pdf
Download (154kB)
13. BAB 3.pdf
Download (157kB)
14. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (832kB)
15. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (9kB)
16. DAPUS.pdf
Download (139kB)
17. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
18. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (81kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan koneksi matematis peserta didik pada materi bangun ruang sisi datar ditinjau dari kemandirian belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini berupa pengisian angket kemandirian belajar,tes kemampuan koneksi matematis dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu soal tes kemampuan koneksi matematis yang telah divalidasi oleh dua orang dosen Pendidikan Matematika dan angket kemandirian belajar yang telah di validasi oleh guru BK. Teknik pengambilan subjek dalam penelitian ini menggunakan skor hasil angket kemandirian belajar yang paling banyak memenuhi dari indikator koneksi matematis disetiap kategori kemandirian belajar. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari tiga orang peserta didik kelas IX B SMP Islam Al-Fatih Boarding School dengan satu subjek disetiap kategori kemandirian belajar. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah (1) Subjek dengan kemandirian belajar tinggi mampu memenuhi semua indikator kemampuan koneksi matematis yaitu koneksi antar topik matematika koneksi, koneksi matematika dengan disiplin ilmu lain dan koneksi matematika dengan kehidupan sehari-hari. (2) Subjek dengan kemandirian belajar sedang hanya mampu memenuhi dua indikator kemampuan koneksi matematis yaitu koneksi antar topik matematika dan koneksi matematika dengan kehidupan sehari-hari. (3). Subjek dengan kemandirian rendah hanya mampu memenuhi indikator koneksi antar topik matematika saja.
Kata kunci: kemandirian belajar; koneksi matematis; bangun ruang sisi datar
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | user2 user2 user2 |
| Date Deposited: | 19 Dec 2025 06:27 |
| Last Modified: | 19 Dec 2025 06:27 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3111 |
