PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFE) BERBANTUAN MEDIA MIND MAPPING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK (Studi Quasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 8 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024)

NURBAETI, NURBAETI (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFE) BERBANTUAN MEDIA MIND MAPPING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK (Studi Quasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 8 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Other thesis, Universitas siliwangi.

[thumbnail of 01 Cover.pdf] Text
01 Cover.pdf

Download (22kB)
[thumbnail of 02 Lembar Pengesahan.pdf] Text
02 Lembar Pengesahan.pdf

Download (195kB)
[thumbnail of 03 Lembar Pernyataan.pdf] Text
03 Lembar Pernyataan.pdf

Download (183kB)
[thumbnail of 04 Abstrak.pdf] Text
04 Abstrak.pdf

Download (189kB)
[thumbnail of 05 Kata Pengantar.pdf] Text
05 Kata Pengantar.pdf

Download (295kB)
[thumbnail of 06 Daftar Isi.pdf] Text
06 Daftar Isi.pdf

Download (401kB)
[thumbnail of 07 Daftar Tabel.pdf] Text
07 Daftar Tabel.pdf

Download (293kB)
[thumbnail of 08 Daftar Gambar.pdf] Text
08 Daftar Gambar.pdf

Download (183kB)
[thumbnail of 09 Daftar Lampiran.pdf] Text
09 Daftar Lampiran.pdf

Download (188kB)
[thumbnail of 10 BAB I.pdf] Text
10 BAB I.pdf

Download (415kB)
[thumbnail of 11 BAB II.pdf] Text
11 BAB II.pdf

Download (383kB)
[thumbnail of 12 BAB III.pdf] Text
12 BAB III.pdf

Download (745kB)
[thumbnail of 13 BAB IV.pdf] Text
13 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (551kB)
[thumbnail of 14 BAB V.pdf] Text
14 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[thumbnail of 15 Daftar Pustaka.pdf] Text
15 Daftar Pustaka.pdf

Download (410kB)
[thumbnail of 16 Lampiran.pdf] Text
16 Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi di SMA Negeri 8 Tasikmalaya yaitu rendahnya kemampuan pemahaman konsep peserta didik pada mata pelajaran ekonomi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining (SFE) berbantuan media Mind Mapping dalam meningkatkan pemahaman konsep peserta didik pada mata pelajaran ekonomi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain non equivalent control group design, serta teknik pengumpulan data melalui tes berbentuk pilihan ganda. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X di SMA Negeri 8 Tasikmalaya pada tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 260. Sampel yang digunakan yaitu kelas X-4 yang berjumlah 36 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas X-7 yang berjumlah 37 orang sebagai kelas kontrol dengan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan bantuan program SPSS 23 yaitu uji paired samples t-test dan independen samples t-test dengan taraf signifikansi 5% atau 0,05. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Terdapat perbedaan pemahaman konsep peserta didik pada kelas eksperimen dengan nilai rata-rata pretest dan posttest mengalami peningkatan yaitu dari 37,5 menjadi 81,85. (2) Terdapat perbedaan pemahaman konsep peserta didik pada kelas kontrol dengan nilai rata-rata pretest dan posttest mengalami peningkatan yaitu dari 34,05 menjadi 77,84. Terdapat perbedaan pemahaman konsep peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yang diketahui dari nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,042 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining (SFE) berbantuan media Mind Mapping memberikan efektivitas yang lebih tinggi dalam meningkatkan pemahaman konsep peserta didik.

Kata Kunci : Mind Mapping, Pemahaman Konsep, Student Facilitator and Explaining (SFE

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: user2 user2 user2
Date Deposited: 19 Dec 2025 03:07
Last Modified: 19 Dec 2025 03:07
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3095

Actions (login required)

View Item
View Item