NURBAETI, NURBAETI (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFE) BERBANTUAN MEDIA MIND MAPPING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK (Studi Quasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 8 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Other thesis, Universitas siliwangi.
01 Cover.pdf
Download (22kB)
02 Lembar Pengesahan.pdf
Download (195kB)
03 Lembar Pernyataan.pdf
Download (183kB)
04 Abstrak.pdf
Download (189kB)
05 Kata Pengantar.pdf
Download (295kB)
06 Daftar Isi.pdf
Download (401kB)
07 Daftar Tabel.pdf
Download (293kB)
08 Daftar Gambar.pdf
Download (183kB)
09 Daftar Lampiran.pdf
Download (188kB)
10 BAB I.pdf
Download (415kB)
11 BAB II.pdf
Download (383kB)
12 BAB III.pdf
Download (745kB)
13 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (551kB)
14 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (188kB)
15 Daftar Pustaka.pdf
Download (410kB)
16 Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi di SMA Negeri 8 Tasikmalaya yaitu rendahnya kemampuan pemahaman konsep peserta didik pada mata pelajaran ekonomi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining (SFE) berbantuan media Mind Mapping dalam meningkatkan pemahaman konsep peserta didik pada mata pelajaran ekonomi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain non equivalent control group design, serta teknik pengumpulan data melalui tes berbentuk pilihan ganda. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X di SMA Negeri 8 Tasikmalaya pada tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 260. Sampel yang digunakan yaitu kelas X-4 yang berjumlah 36 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas X-7 yang berjumlah 37 orang sebagai kelas kontrol dengan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan bantuan program SPSS 23 yaitu uji paired samples t-test dan independen samples t-test dengan taraf signifikansi 5% atau 0,05. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Terdapat perbedaan pemahaman konsep peserta didik pada kelas eksperimen dengan nilai rata-rata pretest dan posttest mengalami peningkatan yaitu dari 37,5 menjadi 81,85. (2) Terdapat perbedaan pemahaman konsep peserta didik pada kelas kontrol dengan nilai rata-rata pretest dan posttest mengalami peningkatan yaitu dari 34,05 menjadi 77,84. Terdapat perbedaan pemahaman konsep peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yang diketahui dari nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,042 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining (SFE) berbantuan media Mind Mapping memberikan efektivitas yang lebih tinggi dalam meningkatkan pemahaman konsep peserta didik.
Kata Kunci : Mind Mapping, Pemahaman Konsep, Student Facilitator and Explaining (SFE
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
| Depositing User: | user2 user2 user2 |
| Date Deposited: | 19 Dec 2025 03:07 |
| Last Modified: | 19 Dec 2025 03:07 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3095 |
