CHOERUNISA, ANNISA (2024) UPAYA ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI BELAJAR PADA ANAK USIA DINI (Studi pada Orang Tua di Lingkungan Ciherang Kelurahan Linggasari Ciamis). Other thesis, Universitas siliwangi.
ABSTRACT-1.pdf
Download (70kB)
ABSTRAK.pdf
Download (63kB)
BAB I.pdf
Download (143kB)
BAB II.pdf
Download (223kB)
BAB III.pdf
Download (143kB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (215kB)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (175kB)
COVER.pdf
Download (30kB)
DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (60kB)
DAFTAR ISI.pdf
Download (65kB)
DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (61kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (67kB)
DAFTAR TABEL.pdf
Download (60kB)
HALAMAN PENGUJI.pdf
Download (240kB)
KATA PENGANTAR.pdf
Download (706kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (187kB)
LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (426kB)
Abstract
Lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat pada umumnya menjadi tempat terlaksananya pendidikan, dimana proses akan terjadi secara direncanakan dan tidak direncanakan. Fokus utama dalam terjadinya proses pendidikan ialah murid atau peserta didik, mereka menjadi penerima ilmu yang disampaikam dari pendidik melalu proses pembelajaran. Sejak dari mereka menginjak usia anak-anak, atau bisa kita sebut usia balita banyak yang sudah melakukan kegiatan belajar pembelajaran melalui program persekolahan Pendidikan Anak Usia Dini. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian yang bersifat deskripsi, dimana penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan informasi dan data yang dibutuhkan mengenai Peran orang tua dalam mendapingi anak usia dini belajar.Orang tua merupakan contoh pertama bagi anak-anaknya. Meniru dan memperagakan semua yang dilakukan. Hal ini menjadi sebuah tanggungjawab yang besar bagi sebagian orang tua melihat bagaimana pekerjaan rumah dan membersamai anak harus seimbang. Namun dengan adanya sekolah pendidikan anak usia dini (PAUD) membuat beberapa orang tua merasa terbantu untuk perkembangan motorik anak. Orang tua akan memberikan waktu kepada anaknya ketika mereka sedang dalam keadaan emosinya tidak stabil, memberian ruang untuk mereka mengembalikan kestabilan emosinya. Memberikan fasilitas memadai di rumah untuk anak melakukan pembelajaran, dan mempraktekan secara langung menggunakan sarana dan prasarana tersedia, dan membuat kerajinan untuk alat praga pembelajaran. Melalui pembelajaran di rumah membuat hubungan antara anak dan orang tua semakin dekat, memudahkan orang tua untuk memberikan pembelajaran bagaimana mengekspresikan perasaan kasih dan sayang, suka dan benci
Kata kunci: orang tua, tenaga pendidik, PAUD.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat |
| Depositing User: | user2 user2 user2 |
| Date Deposited: | 19 Dec 2025 03:01 |
| Last Modified: | 19 Dec 2025 03:01 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3093 |
