PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT BERBANTUAN PROPROFS QUIZ MAKER TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS (Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas X IPA SMA Negeri 1 Ciamis Tahun Ajaran 2023/2024)

AYU, REVANIA RISANG (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT BERBANTUAN PROPROFS QUIZ MAKER TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS (Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas X IPA SMA Negeri 1 Ciamis Tahun Ajaran 2023/2024). Other thesis, Universitas siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (52kB)
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (162kB)
[thumbnail of 3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (145kB)
[thumbnail of 4. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf] Text
4. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (194kB)
[thumbnail of 5. KATA PENGANTAR.pdf] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (43kB)
[thumbnail of 6. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf] Text
6. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (49kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR-DAFTAR.pdf] Text
7. DAFTAR-DAFTAR.pdf

Download (114kB)
[thumbnail of 8. BAB 1.pdf] Text
8. BAB 1.pdf

Download (148kB)
[thumbnail of 9. BAB 2.pdf] Text
9. BAB 2.pdf

Download (782kB)
[thumbnail of 10. BAB 3.pdf] Text
10. BAB 3.pdf

Download (889kB)
[thumbnail of 11. BAB 4.pdf] Text
11. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (783kB)
[thumbnail of 12. BAB 5.pdf] Text
12. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[thumbnail of 13. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (165kB)
[thumbnail of 14. LAMPIRAN.pdf] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Ciamis tahun ajaran 2023-2024 pada materi momentum dan impuls sebesar 52,78. Upaya yang dilakukan peneliti untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Missouri matematics Project berbantuan Proprofs Quiz Maker pada materi momentum dan impuls. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Missouri Mathematics Project berbantuan Proprofs Quiz Maker terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik pada materi momentum dan impuls. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Quasi Experiment dan desain penelitian Posttest-Only Control Group Design. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling sebanyak 2 kelas, yaitu kelas X MIPA-6 dan X MIPA-7 dengan jumlah setiap kelas 36 peserta didik. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan komunikasi matematis berbentuk uraian. Uji coba instrumen berupa uji validitas dan uji reliabilitas. Uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Lalu dilakukan uji hipotesis dengan signifikansi � = 0,05. Hasil pengujian hipotesis dengan uji t menunjukan nilai �ℎ����� > ������ yaitu 5,73 > 1,67 sehingga �0 ditolak. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran Missouri Mathematics Project berbantuan Proprofs Quiz Maker terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik di SMA Negeri 1 Ciamis. Hal ini karena model pembelajaran ini menekankan pada pemberian banyaknya latihan-latihan sehingga siswa menjadi lebih terampil dalam menyelesaikan berbagai macam bentuk soal termasuk soal yang melatihkan kemampuan komunikasi matematis.

Kata Kunci : Kemampuan Komunikasi Matematis, Model Pembelajaran Missouri Matematics Project, Momentum dan Impuls, Proprofs Quiz Maker.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: user2 user2 user2
Date Deposited: 19 Dec 2025 02:34
Last Modified: 19 Dec 2025 02:34
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3086

Actions (login required)

View Item
View Item