AYU, REVANIA RISANG (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT BERBANTUAN PROPROFS QUIZ MAKER TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS (Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas X IPA SMA Negeri 1 Ciamis Tahun Ajaran 2023/2024). Other thesis, Universitas siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (52kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (162kB)
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (145kB)
4. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf
Download (194kB)
5. KATA PENGANTAR.pdf
Download (43kB)
6. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf
Download (49kB)
7. DAFTAR-DAFTAR.pdf
Download (114kB)
8. BAB 1.pdf
Download (148kB)
9. BAB 2.pdf
Download (782kB)
10. BAB 3.pdf
Download (889kB)
11. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (783kB)
12. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (46kB)
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (165kB)
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (9MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Ciamis tahun ajaran 2023-2024 pada materi momentum dan impuls sebesar 52,78. Upaya yang dilakukan peneliti untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Missouri matematics Project berbantuan Proprofs Quiz Maker pada materi momentum dan impuls. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Missouri Mathematics Project berbantuan Proprofs Quiz Maker terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik pada materi momentum dan impuls. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Quasi Experiment dan desain penelitian Posttest-Only Control Group Design. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling sebanyak 2 kelas, yaitu kelas X MIPA-6 dan X MIPA-7 dengan jumlah setiap kelas 36 peserta didik. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan komunikasi matematis berbentuk uraian. Uji coba instrumen berupa uji validitas dan uji reliabilitas. Uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Lalu dilakukan uji hipotesis dengan signifikansi � = 0,05. Hasil pengujian hipotesis dengan uji t menunjukan nilai �ℎ����� > ������ yaitu 5,73 > 1,67 sehingga �0 ditolak. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran Missouri Mathematics Project berbantuan Proprofs Quiz Maker terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik di SMA Negeri 1 Ciamis. Hal ini karena model pembelajaran ini menekankan pada pemberian banyaknya latihan-latihan sehingga siswa menjadi lebih terampil dalam menyelesaikan berbagai macam bentuk soal termasuk soal yang melatihkan kemampuan komunikasi matematis.
Kata Kunci : Kemampuan Komunikasi Matematis, Model Pembelajaran Missouri Matematics Project, Momentum dan Impuls, Proprofs Quiz Maker.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QC Physics |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
| Depositing User: | user2 user2 user2 |
| Date Deposited: | 19 Dec 2025 02:34 |
| Last Modified: | 19 Dec 2025 02:34 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3086 |
