ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DITINJAU DARI KECERDASAN EMOSIONAL PADA MATERI DILATASI

NURFADILAH, SITI (2024) ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DITINJAU DARI KECERDASAN EMOSIONAL PADA MATERI DILATASI. Other thesis, Universitas siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (82kB)
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (303kB)
[thumbnail of 3. LEMBAR PENGUJI.pdf] Text
3. LEMBAR PENGUJI.pdf

Download (107kB)
[thumbnail of 4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of 5. ABSTRAK.pdf] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[thumbnail of 6. KATA PENGANTAR.pdf] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (75kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR-DAFTAR.pdf] Text
7. DAFTAR-DAFTAR.pdf

Download (133kB)
[thumbnail of 8. BAB 1.pdf] Text
8. BAB 1.pdf

Download (98kB)
[thumbnail of 9. BAB 2.pdf] Text
9. BAB 2.pdf

Download (465kB)
[thumbnail of 10. BAB 3.pdf] Text
10. BAB 3.pdf

Download (229kB)
[thumbnail of 11. BAB 4.pdf] Text
11. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 12. BAB 5.pdf] Text
12. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[thumbnail of 13. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (83kB)
[thumbnail of 14. LAMPIRAN.pdf] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[thumbnail of 15. RIWAYAT HIDUP PENULIS.pdf] Text
15. RIWAYAT HIDUP PENULIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis ditinjau dari kecerdasan emosional pada materi dilatasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, tes, dan wawancara tidak terstruktur. Instrumen yang digunakan adalah angket kecerdasan emosional, soal tes penalaran matematis pada materi dilatasi, dan wawancara. Pemilihan subjek dari penelitian ini dilakukan dengan memilih masing masing satu peserta didik dari kategori kecerdasan emosional tinggi, sedang, rendah serta bisa mengerjakan tes pada materi dilatasi berdasarkan indikator kemampuan penalaran matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik dengan kecerdasan emosional tinggi mampu menjawab lima indikator kemampuan penalaran matematis yaitu mengajukan dugaan, melakukan manipulasi matematika, menarik kesimpulan, menyusun bukti, memberikan alasan atau bukti terhadap beberapa solusi, memeriksa kelayakan suatu argumen, menemukan pola atau sifat dari gejala matematik untuk membuat generalisasi, peserta didik dengan kecerdasan emosional sedang mampu menjawab tiga indikator kemampuan penalaran matematis yaitu mengajukan dugaan, melakukan manipulasi matematika, dan menarik kesimpulan dari pernyataan, dan peserta didik dengan kecerdasan emosional rendah mampu menjawab tiga indikator kemampuan penalaran matematis yaitu mengajukan dugaan, melakukan manipulasi matematika, dan menarik kesimpulan dari pernyataan.

Kata kunci: Kemampuan Penalaran Matematis, Kecerdasan Emosional, Dilatasi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: user2 user2 user2
Date Deposited: 18 Dec 2025 07:14
Last Modified: 18 Dec 2025 07:14
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3042

Actions (login required)

View Item
View Item