DININGSIH, DEA SYNTYA (2024) PENGARUH PERMAINAN BATU, GUNTING, KERTAS BERBASIS LESSON STUDY TERHADAP KECEMASAN KOMUNIKASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK (Studi Eksperimen pada Materi Sistem Ekskresi di Kelas XI MIPA SMAN 2 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Other thesis, Universitas siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (15kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (37kB)
3. PERNYATAAN.pdf
Download (110kB)
4. ABSTRAK.pdf
Download (7kB)
5. ABSTRACT.pdf
Download (7kB)
6. KATA PENGANTAR.pdf
Download (106kB)
7. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf
Download (125kB)
8. DAFTAR ISI.pdf
Download (28kB)
9. DAFTAR TABEL.pdf
Download (216kB)
10. DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (220kB)
11. DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (213kB)
12. BAB I.pdf
Download (145kB)
13. BAB II.pdf
Download (497kB)
14. BAB III.pdf
Download (358kB)
15. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (551kB)
16. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (19kB)
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (200kB)
18. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
19. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (21kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh permainan batu, gunting, kertas berbasis lesson study terhadap kecemasan komunikasi dan hasil belajar kognitif peserta didik di kelas XI MIPA SMAN 2 Tasikmalaya pada materi sistem ekskresi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2023 - April 2024. Metode penelitian yang digunakan adalah quasy experiment dengan desain the matching-only posttest-only control group design. Populasi dalam penelitian adalah kelas XI MIPA SMAN 2 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024 dengan jumlah 246 orang peserta didik dan terdiri dari 8 kelas XI MIPA. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling, diperoleh kelas XI MIPA 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 6 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data berupa tes hasil belajar dengan 30 soal pilihan majemuk dan non-tes menggunakan Skala KAPPA-PHI dengan 30 item pernyataan. Data dianalisis dengan menggunakan uji one-way anova secara simultan dengan hasil sig 0,00 < 0,05 artinya berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh permainan batu, gunting, kertas berbasis lesson study terhadap hasil belajar kognitif dan kecemasan komunikasi peserta didik di kelas XI MIPA SMAN 2 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024.
Kata Kunci: Permainan batu, gunting, kertas, Lesson Study, Hasil Belajar, Kecemasan Komunikasi
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
| Depositing User: | user2 user2 user2 |
| Date Deposited: | 18 Dec 2025 06:00 |
| Last Modified: | 18 Dec 2025 06:00 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3027 |
