ANGGRAINI, DEVI (2024) ANALISIS KEMAMPUAN NUMERASI PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA DOMAIN ALJABAR PADA TINGKATAN SELF-EFFICACY. Other thesis, Universitas siliwangi.
01 COVER.pdf
Download (82kB)
02 LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (285kB)
03 SURAT KETERANGAN.pdf
Download (341kB)
04 PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH.pdf
Download (285kB)
05 ABSTRAK.pdf
Download (7kB)
06 KATA PENGANTAR.pdf
Download (95kB)
07 DAFTAR ISI.pdf
Download (36kB)
08 DAFTAR TABEL.pdf
Download (31kB)
09 DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (28kB)
10 DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (30kB)
11 BAB I.pdf
Download (111kB)
12 BAB II.pdf
Download (912kB)
13 BAB III.pdf
Download (335kB)
14 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (824kB)
15 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (13kB)
16 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (149kB)
17 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (11MB)
18 RIWAYAT HIDUP PENULIS.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (22kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan numerasi peserta didik dalam menyelesaikan soal matematika domain aljabar pada tingkatan self-efficacy. Subjek penelitian yang dipilih dari peserta didik kelas VIII-E SMP Negeri 1 Ciamis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data terdiri dari penyebaran angket self-efficacy, soal tes kemampuan numerasi, dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kemampuan numerasi peserta didik yang memiliki self-efficacy tinggi mampu memenuhi ketiga indikator kemampuan numerasi tanpa adanya hambatan hingga menarik kesimpulan karena merasa yakin atas soal yang telah dikerjakannya. Peserta didik dengan kemampun numerasi pada tingkatan self-efficacy sedang memenuhi ketiga indikator kemampuan numerasi, dapat menarik kesimpulan dengan benar tetapi saat menyelesaikan soal masih terdapat sedikit kekeliruan dalam menuliskan rumus. Peserta didik dengan kemampuan numerasi pada tingkatan self-efficacy rendah memenuhi ketiga indikator kemampuan numerasi tetapi mengalami kekeliruan saat penarikan kesimpulan karena terdapat kesalahan saat menyelesaikan soal.
Kata kunci: Analisis, Kemampuan Numerasi, Self-efficacy.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | user2 user2 user2 |
| Date Deposited: | 18 Dec 2025 03:45 |
| Last Modified: | 18 Dec 2025 03:45 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3024 |
