ALAMSYAH, DEDE RIZKIYA (2024) PELAKSANAAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DI PKBM AL-FATTAH (Studi pada Warga Belajar Paket C PKBM Al-Fattah, Kabupaten Tasikmalaya). Other thesis, Universitas siliwangi.
1 COVER.pdf
Download (160kB)
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (318kB)
3 LEMBAR PENGUJI.pdf
Download (261kB)
4 LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (308kB)
5 MOTTO DAN PERSEMBAHAN.pdf
Download (208kB)
6 ABSTRAK.pdf
Download (301kB)
7 KATA PENGANTAR.pdf
Download (147kB)
8 UCAPAN TERIMA KASIH.pdf
Download (154kB)
9 DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL,DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (226kB)
10 BAB 1.pdf
Download (233kB)
11 BAB 2.pdf
Download (346kB)
12 BAB 3.pdf
Download (263kB)
13 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (354kB)
14 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (152kB)
15 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (231kB)
16 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
17 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (137kB)
Abstract
Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) memberi kesempatan kepada warga belajar untuk belajar dari lingkungan sekitar dan mendapatkan informasi sebagai sarana untuk meningkatkan karakter mereka, Proses peningkatan karakter dan keterampilan pada warga belajar serta kesempatan untuk menyerap pengetahuan dari lingkungan sekitar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan projek penguatan profil pelajar pancasila (p5). metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi kasus dengan pendekatan kualitatif serta menggunakan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan projek penguatan profil pelajar pancasila (p5) melewati 3 tahapan didalamnya, (1) perencanaan projek penguatan profil pelajar pancasila (p5), diantaranya terdapat pembentukan tim fasilitator, penentuan sebuah alokasi tema, dimensi dan waktu (2) pelaksanaan projek penguatan profil pelajar pancasila (p5) di PKBM Al-Fattah, diantaranya terdapat mengawali pelaksanaan kegiatan pembelajaran dengan memberikan pertanyaan pemantik, mengoptimalkan pelaksanaan pembelajaran, mengakhiri pelaskanaan pembelajaran dan mengoptimalkan keterlibatan mitra dalam pembelajaran. (3) evaluasi projek penguatan profil pelajar pancasila (p5), diantaranya terdapat melaporkan hasil pembelajaran, dan mengevaluasi dan tindak lanjut terhadap pembelajaran. Simpulan dari hasil penelitian ini yaitu projek penguatan profil pelajar pancasila (p5) serangkaian proses pembelajaran yang berprinsip pada pembelajaran holistik, kontekstual, berpusat pada warga belajar, dan eksploratif, dengan tujuan untuk menciptakan warga belajar yang berlandaskan pada profil pelajar pancasila. Projek penguatan profil pelajar pancasila (p5) dilaksanakan di lembaga pendidikan non formal PKBM Al-Fattah terdapat perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dalam tahapan pelaksanaan kegiatan pembelajaran.
Kata Kunci: Kurikulum Merdeka, PKBM Al-Fattah, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat |
| Depositing User: | user2 user2 user2 |
| Date Deposited: | 18 Dec 2025 03:33 |
| Last Modified: | 18 Dec 2025 03:33 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3019 |
