FADILAH, JULVA RIZKY (2024) DESAIN PEMBELAJARAN PRISMA MELALUI DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA DAN BERORIENTASI LITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK. Other thesis, Universitas siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (15kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (47kB)
3. SURAT KETERANGAN.pdf
Download (102kB)
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (77kB)
5. ABSTRAK.pdf
Download (9kB)
6. KATA PENGANTAR.pdf
Download (57kB)
7. DAFTAR ISI TABEL GAMBAR LAMPIRAN.pdf
Download (38kB)
8. BAB 1.pdf
Download (117kB)
9. BAB 2.pdf
Download (317kB)
10. BAB 3.pdf
Download (204kB)
11. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
12. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (12kB)
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (222kB)
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
15. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (81kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan menerapkan desain pembelajaran pada materi luas permukaan dan volume prisma melalui model discovery learning berbantuan GeoGebra berorientasi literasi numerasi peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode design research yang terdiri dari tiga tahap, yaitu: preliminary design, design experiment dan retrospective analysis. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, merekam proses pembelajaran, tes evaluasi dan wawancara. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 8 Tasikmalaya sebanyak 2 (dua) kelas, yaitu kelas VIII B sebagai kelas pilot experiment dan kelas VIII A sebagai kelas teaching experiment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penggunaan konteks yang meliputi: tenda berkemah, emas batang, menara segilima, kemasan biskuit Hello Panda, sketsa mimbar dan puding balok berperan dalam merepresentasikan dan memvisualisasikan konsep dasar luas permukaan dan volume prisma. (2a) Learning Trajectory Luas Permukaan Prisma: (i) Tahap En-Aktif, mengenalkan konsep dasar prisma melalui konteks nyata. (ii) Tahap Ikonik, mengidentifikasi dan memvisualisasikan prisma melalui sketsa dan jaring-jaring serta menggunakan software GeoGebra. (iii) Tahap Simbolik, memverifikasi dan mengolah data, menghitung luas permukaan prisma dan menarik kesimpulan. (2b) Learning Trajectory Volume Prisma: (i) Tahap En- Aktif, memahami konsep volume prisma melalui konteks konkret. (ii) Tahap Ikonik, menggambar sketsa dan jaring-jaring puding, menghitung luas alas dan ketebalan. (iii) Tahap Simbolik, memverifikasi sketsa, mengidentifikasi jenis bangun ruang yang terbentuk dan menghitung volume serta menarik kesimpulan. (3) Capaian literasi numerasi peserta didik pada siklus pilot experiment sebesar 75% dan pada siklus teaching experiment sebesar 90,83%.
Kata kunci : Design Research, Discovery Learning, GeoGebra, Lintasan Belajar, Literasi Numerasi, Luas Permukaan, Prisma, Volume.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | user2 user2 user2 |
| Date Deposited: | 18 Dec 2025 03:21 |
| Last Modified: | 18 Dec 2025 03:21 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3016 |
