DESAIN PEMBELAJARAN PRISMA MELALUI DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA DAN BERORIENTASI LITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK

FADILAH, JULVA RIZKY (2024) DESAIN PEMBELAJARAN PRISMA MELALUI DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA DAN BERORIENTASI LITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK. Other thesis, Universitas siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (15kB)
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (47kB)
[thumbnail of 3. SURAT KETERANGAN.pdf] Text
3. SURAT KETERANGAN.pdf

Download (102kB)
[thumbnail of 4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (77kB)
[thumbnail of 5. ABSTRAK.pdf] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (9kB)
[thumbnail of 6. KATA PENGANTAR.pdf] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (57kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR ISI TABEL GAMBAR LAMPIRAN.pdf] Text
7. DAFTAR ISI TABEL GAMBAR LAMPIRAN.pdf

Download (38kB)
[thumbnail of 8. BAB 1.pdf] Text
8. BAB 1.pdf

Download (117kB)
[thumbnail of 9. BAB 2.pdf] Text
9. BAB 2.pdf

Download (317kB)
[thumbnail of 10. BAB 3.pdf] Text
10. BAB 3.pdf

Download (204kB)
[thumbnail of 11. BAB 4.pdf] Text
11. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 12. BAB 5.pdf] Text
12. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[thumbnail of 13. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (222kB)
[thumbnail of 14. LAMPIRAN.pdf] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of 15. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf] Text
15. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan menerapkan desain pembelajaran pada materi luas permukaan dan volume prisma melalui model discovery learning berbantuan GeoGebra berorientasi literasi numerasi peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode design research yang terdiri dari tiga tahap, yaitu: preliminary design, design experiment dan retrospective analysis. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, merekam proses pembelajaran, tes evaluasi dan wawancara. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 8 Tasikmalaya sebanyak 2 (dua) kelas, yaitu kelas VIII B sebagai kelas pilot experiment dan kelas VIII A sebagai kelas teaching experiment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penggunaan konteks yang meliputi: tenda berkemah, emas batang, menara segilima, kemasan biskuit Hello Panda, sketsa mimbar dan puding balok berperan dalam merepresentasikan dan memvisualisasikan konsep dasar luas permukaan dan volume prisma. (2a) Learning Trajectory Luas Permukaan Prisma: (i) Tahap En-Aktif, mengenalkan konsep dasar prisma melalui konteks nyata. (ii) Tahap Ikonik, mengidentifikasi dan memvisualisasikan prisma melalui sketsa dan jaring-jaring serta menggunakan software GeoGebra. (iii) Tahap Simbolik, memverifikasi dan mengolah data, menghitung luas permukaan prisma dan menarik kesimpulan. (2b) Learning Trajectory Volume Prisma: (i) Tahap En- Aktif, memahami konsep volume prisma melalui konteks konkret. (ii) Tahap Ikonik, menggambar sketsa dan jaring-jaring puding, menghitung luas alas dan ketebalan. (iii) Tahap Simbolik, memverifikasi sketsa, mengidentifikasi jenis bangun ruang yang terbentuk dan menghitung volume serta menarik kesimpulan. (3) Capaian literasi numerasi peserta didik pada siklus pilot experiment sebesar 75% dan pada siklus teaching experiment sebesar 90,83%.

Kata kunci : Design Research, Discovery Learning, GeoGebra, Lintasan Belajar, Literasi Numerasi, Luas Permukaan, Prisma, Volume.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: user2 user2 user2
Date Deposited: 18 Dec 2025 03:21
Last Modified: 18 Dec 2025 03:21
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3016

Actions (login required)

View Item
View Item