ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR

TAELA, TAELA (2024) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR. Other thesis, Universitas siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (82kB)
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN TAELA.pdf] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN TAELA.pdf

Download (451kB)
[thumbnail of 3. LEMBAR PERNYATAAN TAELA.pdf] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN TAELA.pdf

Download (393kB)
[thumbnail of 4. ABSTRAK.pdf] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (6kB)
[thumbnail of 5. KATA PENGANTAR.pdf] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (53kB)
[thumbnail of 6. DAFTAR -DAFTAR.pdf] Text
6. DAFTAR -DAFTAR.pdf

Download (80kB)
[thumbnail of 7. BAB 1.pdf] Text
7. BAB 1.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of 8. BAB 2.pdf] Text
8. BAB 2.pdf

Download (434kB)
[thumbnail of 9. BAB 3.pdf] Text
9. BAB 3.pdf

Download (178kB)
[thumbnail of 10. BAB 4.pdf] Text
10. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (699kB)
[thumbnail of 11. BAB 5.pdf] Text
11. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[thumbnail of 12. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of 13. LAMPIRAN.pdf] Text
13. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir logis matematis peserta didik yang ditinjau dari kemandirian belajar. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XII MIPA-1 SMA Negeri Ciawigebang Kuningan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode penelitian eksplorasi. Teknik pengumpulan data digunakan dalam penelitian ini adalah angket, tes dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kategori kemandirian tinggi kemampuan berpikir logis S11 mampu memenuhi semua indiktor, serta mampu menjawab soal tes dengan benar, hal ini menunjukkan bahwa tingkatan kemandirian belajar tinggi akan menghasilkan kemampuan berpikir logis yang tinggi pula. Pada kategori sedang kemampuan berpikir logis matematis S21 mampu memenuhi semua indikator, namun dalam penyelesaian soal terdapat kesalahan dalam menuliskan satuan yang harusnya meter tetapi ditulis centimeter. Subjek S21 juga tidak percaya diri dalam mengerjakan soal sehingga tergesa gesa dalam menyelesaikan masalah dalam soal tes. Pada kategori kemandirian rendah subjek S6 mampu memenuhi semua indiktor, namun subjek S6 tidak mampu memjawab soal dengan benar, kurangnya percaya diri dan selalu mengandalkan teman sehingga S6 tidak fokus terhadap apa yang dikerjakan.

Kata Kunci: Kemampuan berpikir logis matematis, Kemandirian belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: user2 user2 user2
Date Deposited: 18 Dec 2025 03:07
Last Modified: 18 Dec 2025 03:07
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3012

Actions (login required)

View Item
View Item