SHERLYANTI, NITA (2024) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ATLETIK NOMOR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (Penelitian Tindakan Kelas pada peserta didik kelas VIII D SMP Negeri 2 Pagerageung tahun ajaran 2023/2024). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1 COVER.pdf
Download (121kB)
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (97kB)
3 LEMBAR PENGUJI.pdf
Download (255kB)
4 LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (103kB)
5 MOTTO.pdf
Download (177kB)
6 ABSTRAK.pdf
Download (136kB)
7 KATA PENGANTAR.pdf
Download (222kB)
8 UCAPAN TERIMA KASIH.pdf
Download (182kB)
9 DAFTAR ISI TABEL GAMBAR LAMPIRAN.pdf
Download (295kB)
10 BAB 1.pdf
Download (215kB)
11 BAB 2.pdf
Download (402kB)
12 BAB 3.pdf
Download (362kB)
13 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (469kB)
14 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (242kB)
15 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (199kB)
16 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
17 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (180kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran problem based learning terhadap peningkatan hasil belajar atletik nomor lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas VIII D SMP Negeri 2 Pagerageung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama 2 siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Objek penelitian siswa kelas VIII dan subjeknya kelas VIII D SMP Negeri 2 Pagerageung dengan jumlah peserta didik sebanyak 32 siswa terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Penelitian ini adalah penelitian dalam proses pembelajaran lompat jauh gaya jongkok dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning. Instrumen penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan rubrik penilian yang terdapat di RPP. Hasil penelitian menunjukan terdapat peningkatan hasil belajar atletik nomor lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas VIII D SMP Negeri 2 Pagerageung pada siklus ke I sebesar 72% yang terbagi pada dua aspek penilaian yaitu aspek Kognitif dengan nilai 73% dan pada penilaian aspek Psikomotor sebesar 71%. Berlanjut pada siklus ke II dengan hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan yang lebih baik dengan perolehan nilai secara keseluruhan sebesar 81% yang terbagi menjadi dua aspek penilaian yaitu aspek kognitif dengan nilai 83% dan penilaian pada aspek psikomotor dengan nilai 79%, dengan jumlah peserta didik yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebanyak 25 peserta didik atau setara dengan 81% dalam pencapaian proses pembelajaran pendidikan jasmani materi lompat jauh gaya jongkok di SMP Negeri 2 Pagerageung Tahun Ajaran 2023/2024.
Kata Kunci: Belajar, problem based learning, atletik, lompat jauh gaya jongkok
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Depositing User: | user1 user1 user1 |
| Date Deposited: | 18 Dec 2025 02:05 |
| Last Modified: | 18 Dec 2025 02:05 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2993 |
