ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS PESERTA DIDIK BERDASARKAN TAKSONOMI STRUCTURE OF THE OBSERVED LEARNING OUTCOMES DITINJAU DARI GENDER

ISLAMI, ALIYA FITRI (2024) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS PESERTA DIDIK BERDASARKAN TAKSONOMI STRUCTURE OF THE OBSERVED LEARNING OUTCOMES DITINJAU DARI GENDER. Other thesis, Universitas siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER .pdf] Text
1. COVER .pdf

Download (83kB)
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN .pdf] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN .pdf

Download (151kB)
[thumbnail of 3.SURAT KETERANGAN REVISI UJIAN SKRIPSI.pdf] Text
3.SURAT KETERANGAN REVISI UJIAN SKRIPSI.pdf

Download (277kB)
[thumbnail of 4. LEMBAR PERNYATAAN .pdf] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN .pdf

Download (166kB)
[thumbnail of 5. ABSTRAK .pdf] Text
5. ABSTRAK .pdf

Download (10kB)
[thumbnail of 6. KATA PENGANTAR .pdf] Text
6. KATA PENGANTAR .pdf

Download (120kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR ISI .pdf] Text
7. DAFTAR ISI .pdf

Download (72kB)
[thumbnail of 8. BAB 1.pdf] Text
8. BAB 1.pdf

Download (76kB)
[thumbnail of 9. BAB 2.pdf] Text
9. BAB 2.pdf

Download (461kB)
[thumbnail of 10. BAB 3 .pdf] Text
10. BAB 3 .pdf

Download (189kB)
[thumbnail of 11. BAB 4.pdf] Text
11. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 12. BAB 5.pdf] Text
12. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[thumbnail of 13. DAFTAR PUSTAKA .pdf] Text
13. DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (82kB)
[thumbnail of 14. LAPIRAN .pdf] Text
14. LAPIRAN .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 15. RIWAYAT HIDUP .pdf] Text
15. RIWAYAT HIDUP .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik berdasarkan taksonomi Structure of The Observed Learning Outcomes (SOLO) pada peserta didik laki-laki dan peserta didik perempuan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui tes dan wawancara dengan teknik think aloud. Instrumen penelitian berupa soal tes kemampuan berpikir kreatif matematis. Pemilihan subjek penelitian berdasarkan purposive. Teknik analisis data meliputi tahap reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada level Unistructural, hanya ada di peserta didik laki-laki. Sedangkan di perserta didik perempuan tidak ada. Peserta didik laki-laki tersebut yaitu L1 karena memenuhi satu indikator berpikir kreatif yaitu kelancaran, peserta didik mampu menghasilkan banyak ide dan banyak pertanyaan dengan lancar. Pada level Multistructural, L13, L5 dan P21 yang masuk ke dalam level ini akan tetapi berbeda dalam memenuhi indikatornya. L13 memenuhi indikator berpikir kreatif yaitu Kelancaran, peserta didik mampu menghasilkan banyak ide dan banyak pertanyaan dengan lancar dan Kelenturan, peserta didik dapat menyelesaikan menghasilkan suatu jawaban dengan cara penyelesaian yang berbeda dengan cara eliminasi substitusi. Sedangkan L5 dan P21 memenuhi indikator berpikir kreatif yaitu Kelancaran, peserta didik mampu menghasilkan banyak ide dan banyak pertanyaan dengan lancar dan Elaborasi, peserta didik mampu merinci suatu gagasan atau situasi untuk memudahkan proses penyelesaian. Pada level Relational, L14 dan P16 yang termasuk ke dalam level ini karena memenuhi tiga indikator berpikir kreatif yaitu Kelancaran: peserta didik mampu menghasilkan banyak ide dan banyak pertanyaan dengan lancar, Elaborasi: peserta didik mampu merinci suatu gagasan atau situasi untuk memudahkan proses penyelesaian dan Kelenturan: peserta didik dapat menyelesaikan menghasilkan suatu jawaban dengan cara penyelesaian yang berbeda dengan cara eliminasi substitusi.

Kata kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif, Taksonomi SOLO, Gender .

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: user2 user2 user2
Date Deposited: 18 Dec 2025 01:36
Last Modified: 18 Dec 2025 01:36
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2984

Actions (login required)

View Item
View Item