RAMDHANI, ILHAM (2024) PENGARUH MODEL PAIKEM DENGAN PERMAINAN JEOPARDY TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI GELOMBANG BUNYI (Kuasi Eksperimen pada Siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (24kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (541kB)
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (423kB)
4. ABSTRAK.pdf
Download (215kB)
5. KATA PENGANTAR.pdf
Download (80kB)
6. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf
Download (74kB)
7. DAFTAR ISI.pdf
Download (149kB)
8. BAB 1.pdf
Download (117kB)
9. BAB 2.pdf
Download (515kB)
10. BAB 3.pdf
Download (478kB)
11. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (535kB)
12. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (82kB)
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (166kB)
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (24MB)
15. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (91kB)
Abstract
Pada studi pendahuluan di SMA Negeri 3 Tasikmalaya ditemukan bahwa
pembelajaran masih menggunakan metode konvensional (pembelajaran yang
monoton) sehingga peserta didik kurang aktif dan jarang terlibat dalam proses
pembelajaran yang menyebabkan rendahnya hasil belajar pada materi gelombang
bunyi. Berdasarkan studi literatur yang peneliti temukan ada upaya dalam
mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan penerapan model pembelajaran
aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAIKEM) dengan permainan
Jeopardy. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAIKEM) dengan permainan
Jeopardy terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada materi gelombang
bunyi. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain
penelitian The Matching Only Posttest-Only Control Group Design. Sampel
penelitian diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 2
kelas dengan kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Pengukuran hasil belajar
kognitif peserta didik dilakukan tes setelah diberi perlakuan (posttest) berbentuk
uraian dengan jumlah 8 butir soal yang mencakup ranah kognitif C3 (menerapkan)
dan C4 (menganalisis) pada materi gelombang bunyi. Hasil uji hipotesis dengan
menggunakan uji statistik yaitu uji – t dengan taraf signifikasi (� = 0,05) diperoleh
hasil �ℎ����� > ������ = 1,76 > 1,67 sehingga �0 ditolak dan �1 diterima. Dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model PAIKEM dengan permainan
Jeopardy terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi gelombang bunyi di
kelas XI MIPA SMAN 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024.
Kata kunci: Model PAIKEM, Permainan Jeopardy, Hasil Belajar Kognitif
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QC Physics |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
| Depositing User: | irma sri katon |
| Date Deposited: | 28 Oct 2025 06:15 |
| Last Modified: | 28 Oct 2025 06:15 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/298 |
