PENGARUH MODEL PAIKEM DENGAN PERMAINAN JEOPARDY TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI GELOMBANG BUNYI (Kuasi Eksperimen pada Siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024)

RAMDHANI, ILHAM (2024) PENGARUH MODEL PAIKEM DENGAN PERMAINAN JEOPARDY TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI GELOMBANG BUNYI (Kuasi Eksperimen pada Siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (24kB)
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (541kB)
[thumbnail of 3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (423kB)
[thumbnail of 4. ABSTRAK.pdf] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (215kB)
[thumbnail of 5. KATA PENGANTAR.pdf] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (80kB)
[thumbnail of 6. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf] Text
6. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf

Download (74kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR ISI.pdf] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (149kB)
[thumbnail of 8. BAB 1.pdf] Text
8. BAB 1.pdf

Download (117kB)
[thumbnail of 9. BAB 2.pdf] Text
9. BAB 2.pdf

Download (515kB)
[thumbnail of 10. BAB 3.pdf] Text
10. BAB 3.pdf

Download (478kB)
[thumbnail of 11. BAB 4.pdf] Text
11. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (535kB)
[thumbnail of 12. BAB 5.pdf] Text
12. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[thumbnail of 13. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (166kB)
[thumbnail of 14. LAMPIRAN.pdf] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24MB)
[thumbnail of 15. RIWAYAT HIDUP.pdf] Text
15. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)

Abstract

Pada studi pendahuluan di SMA Negeri 3 Tasikmalaya ditemukan bahwa
pembelajaran masih menggunakan metode konvensional (pembelajaran yang
monoton) sehingga peserta didik kurang aktif dan jarang terlibat dalam proses
pembelajaran yang menyebabkan rendahnya hasil belajar pada materi gelombang
bunyi. Berdasarkan studi literatur yang peneliti temukan ada upaya dalam
mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan penerapan model pembelajaran
aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAIKEM) dengan permainan
Jeopardy. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAIKEM) dengan permainan
Jeopardy terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada materi gelombang
bunyi. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain
penelitian The Matching Only Posttest-Only Control Group Design. Sampel
penelitian diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 2
kelas dengan kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Pengukuran hasil belajar
kognitif peserta didik dilakukan tes setelah diberi perlakuan (posttest) berbentuk
uraian dengan jumlah 8 butir soal yang mencakup ranah kognitif C3 (menerapkan)
dan C4 (menganalisis) pada materi gelombang bunyi. Hasil uji hipotesis dengan
menggunakan uji statistik yaitu uji – t dengan taraf signifikasi (� = 0,05) diperoleh
hasil �ℎ����� > ������ = 1,76 > 1,67 sehingga �0 ditolak dan �1 diterima. Dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model PAIKEM dengan permainan
Jeopardy terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi gelombang bunyi di
kelas XI MIPA SMAN 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024.
Kata kunci: Model PAIKEM, Permainan Jeopardy, Hasil Belajar Kognitif

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: irma sri katon
Date Deposited: 28 Oct 2025 06:15
Last Modified: 28 Oct 2025 06:15
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/298

Actions (login required)

View Item
View Item