HOERUDIN, HOERUDIN (2024) PERAN PENDAMPING PROGRAM KELUARGA HARAPAN DALAM MENINGKATKAN LAYANAN PENDIDIKAN (Studi di Desa Raksabaya Kecamatan Cimaragas Kabupaten Ciamis). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (184kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (220kB)
3. LEMBAR PENGUJI.pdf
Download (294kB)
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (184kB)
5. HALAMAN PRIBADI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (204kB)
6. ABSTRAK.pdf
Download (218kB)
7. ABSTRACT.pdf
Download (265kB)
8. KATA PENGANTAR.pdf
Download (195kB)
9. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf
Download (223kB)
10. DAFTAR ISI.pdf
Download (166kB)
11. DAFTAR TABEL.pdf
Download (153kB)
12. DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (153kB)
13. DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (93kB)
14. BAB I.pdf
Download (181kB)
15. BAB II.pdf
Download (301kB)
16. BAB III.pdf
Download (268kB)
17. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (427kB)
18. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (161kB)
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (251kB)
20. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Upaya pemerintah Indonesia untuk mengentaskan kemiskinan melalui PKH dan meningkatkan akses pendidikan bagi keluarga kurang mampu. Namun, kesadaran pendidikan di kalangan keluarga penerima manfaat PKH masih menjadi isu yang perlu ditangani secara serius. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pendamping PKH dalam meningkatkan layanan pendidikan pada keluarga penerima manfaat, dengan fokus pada studi di Desa Raksabaya, Kecamatan Cimaragas, Kabupaten Ciamis. Metode penelitian yang digunakan kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi mendalam dengan pendamping PKH, anggota KPM, Kepala Desa, dan Kepala PKBM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran pendamping PKH sangat penting dalam meningkatkan layanan pendidikan keluarga penerima manfaat. Pendamping tidak hanya bertindak sebagai fasilitator dalam mendapatkan akses pendidikan, tetapi juga sebagai motivator dan pembimbing dalam memahami pentingnya pendidikan bagi perkembangan anak anak. Oleh karena itu, pendamping PKH memiliki peran krusial dalam meningkatkan layanan pendidikan pada keluarga penerima manfaat PKH, diperlukan upaya yang lebih besar untuk memperkuat peran dan kapasitas pendamping PKH, serta meningkatkan koordinasi antara berbagai pihak guna memastikan keberhasilan implementasi program ini dalam meningkatkan akses pendidikan dan kesejahteraan keluarga penerima manfaat.
Kata Kunci: Program Keluarga Harapan, Pendamping, Layanan Pendidikan
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat |
| Depositing User: | user1 user1 user1 |
| Date Deposited: | 18 Dec 2025 00:53 |
| Last Modified: | 18 Dec 2025 00:53 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2967 |
