Salsabila, Zahra Alma (2024) EFEKTIVITAS PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR (Studi pada program pendidikan kesetaraan paket C PKBM Gema Kota Tasikmalaya). Other thesis, Universitas siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (26kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (42kB)
3. LEMBAR PENGUJI.pdf
Download (30kB)
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (40kB)
5. HALAMAN PERIBADI.pdf
Download (7kB)
6. ABSTRAK.pdf
Download (11kB)
7. KATA PENGANTAR.pdf
Download (122kB)
8. UCAPAN TRIMAKASIH.pdf
Download (76kB)
9. DAFTAR ISI.pdf
Download (163kB)
10. BAB 1.pdf
Download (91kB)
11. BAB 2.pdf
Download (162kB)
12. BAB 3.pdf
Download (157kB)
13. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (142kB)
14. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (10kB)
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (141kB)
16. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
17. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (25kB)
Abstract
Pembelajaran yang berhasil dilihat dari suasana kelas serta adanya interaksi antara tutor dan warga belajar, penggunaan media pembelajaran yang monoton menyebabkan warga belajar menjadi mudah bosan dan mengantuk saat belajar, hal ini sangat berpengaruh tehadap hasil belajar warga belajar. Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas pemanfaatan media pembelajaran wordwall terhadap hasil belajar paket C di PKBM Gema. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen, sampel dalam penelitian ini berjumlah 12 orang warga belajar analisis data pada penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas dan terakhir uji T atau uji beda. Hasil dari penelitian ini adalah warga belajar di kelas eksperimen mampu mendapatkan hasil belajar lebih tinggi di bandingkan dengan warga belajar di kelas kontrol, hal yang membedakan dari kelas kontrol dan kelas eksperimen adalah kelas eksperimen menggunakan media pembelajaran wordwall saat dilakukan posttest, sedangkan kelas kontol menggunakan kertas. Dari soal yang diberikan semuanya sama dengan jumlah soal 25. Kesimpulannya pemanfaatan media pembelajaran wordwaal direspon positif oleh warga belajar dan juga tutor, banyak warga belajar yang menjadi antusias untuk mengikuti pembelajaran dan juga warga belajar menjadi fokus menyimak tentang apa yang di sampaikan mengenai materi pembelajaran selain itu hasil yang test yang didapatkan juga membuktkan bahwa pemanfaatan media pembelajaran wordwall terbukti efektif.
Kata Kunci ; Media pembelajaran, Wordwall, Hasil Belajar
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat |
| Depositing User: | user2 user2 user2 |
| Date Deposited: | 17 Dec 2025 07:37 |
| Last Modified: | 17 Dec 2025 07:37 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2949 |
