ANALISIS DAYA DUKUNG TIANG PANCANG DENGAN METODE ANALITIK BERDASARKAN HASIL PENGUJIAN TIANG (Studi Kasus : Proyek Pembangunan Jembatan dan Jalan Sodongkopo)

ROHMAN, BAYU NUR (2024) ANALISIS DAYA DUKUNG TIANG PANCANG DENGAN METODE ANALITIK BERDASARKAN HASIL PENGUJIAN TIANG (Studi Kasus : Proyek Pembangunan Jembatan dan Jalan Sodongkopo). Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1 COVER.pdf] Text
1 COVER.pdf

Download (77kB)
[thumbnail of 2 PENGESAHAN.pdf] Text
2 PENGESAHAN.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of 3 PERNYATAAN.pdf] Text
3 PERNYATAAN.pdf

Download (91kB)
[thumbnail of 4 ABSTRAK.pdf] Text
4 ABSTRAK.pdf

Download (133kB)
[thumbnail of 5 ABSTRACT.pdf] Text
5 ABSTRACT.pdf

Download (248kB)
[thumbnail of 6 KATA PENGANTAR.pdf] Text
6 KATA PENGANTAR.pdf

Download (199kB)
[thumbnail of 7 DAFTAR ISI.pdf] Text
7 DAFTAR ISI.pdf

Download (288kB)
[thumbnail of 8 DAFTAR GAMBAR.pdf] Text
8 DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (341kB)
[thumbnail of 9 DAFTAR TABEL.pdf] Text
9 DAFTAR TABEL.pdf

Download (358kB)
[thumbnail of 10.1 PENDAHULUAN.pdf] Text
10.1 PENDAHULUAN.pdf

Download (217kB)
[thumbnail of 11. 2 TINJAUAN PUSTAKA.pdf] Text
11. 2 TINJAUAN PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 12 .3 METODE PENELITIAN.pdf] Text
12 .3 METODE PENELITIAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 13. 4 ANALISIS DAN PEMBAHASAN.pdf] Text
13. 4 ANALISIS DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 14.5 KESIMPULAN DAN SARAN.pdf] Text
14.5 KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[thumbnail of 15 DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
15 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (203kB)
[thumbnail of 16 LAPIRAN.pdf] Text
16 LAPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Proyek Jembatan Sodongkopo memiliki bentang jembatan ±140 m tanpa adanya
pier di tengah bentang dan hanya mengandalkan dua abutment sebagai tumpuan,
hal ini menjadi sebuah tantangan dalam membangun jembatan tersebut, maka
desain fondasi pada jembatan tersebut perlu direncanakan sebaik mungkin. Dalam
perencanaan sebuah fondasi sebagai acuan awal para perencana menggunakan
metode analitik dalam perhitungannya. Maka, dalam penelitian ini akan digunakan
metode analitik yang pada gilirannya dapat digunakan sebagai penguat data ketika
perencanaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui metode analitik
yang mendekati dengan hasil real di lapangan. Analisis dengan perhitungan analitik
ini menggunakan beberapa metode yaitu, metode Meyerhof, Vesic, α, β untuk daya
dukung aksial serta metode Broms dan metode Meyerhof untuk daya dukung lateral
dan defleksi tiang kemudian diverifikasi dengan hasil uji tiang. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa metode Meyerhof (Qp) merupakan nilai yang paling
mendekati hasil uji PDA dengan Qp= 144,09 ton; rasio 1,16. Kemudian metode α+β
(Qs) merupakan nilai daya dukung selimut total yang paling mendekati hasil uji
PDA dengan Qs=574,38 ton. Sementara untuk hasil perbandingan Qu kombinasi
metode Meyerhof dan α+β merupakan nilai yang paling mendekati hasil uji PDA
dengan Qu=718,47 ton; rasio 1,02. Hasil perbandingan daya dukung lateral tiang
metode Broms, Meyerhof dan hasil uji lateral dengan defleksi izin sebesar 10 mm
berturut-turut sebesar 28,14 ton; 167,53 ton; dan 62,5 ton. Maka metode Broms
merupakan metode yang paling mendekati hasil uji tiang.
Kata Kunci : Daya dukung aksial, Daya dukung lateral, Metode analitik, Uji
tiang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Lelis Marsidah
Date Deposited: 20 Oct 2025 08:17
Last Modified: 20 Oct 2025 08:17
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/29

Actions (login required)

View Item
View Item