Tasera, Yesi (2024) PENDEKATAN ANDRAGOGI DALAM KELOMPOK BIMBINGAN IBADAH HAJI (Studi pada kelompok bimbingan ibadah haji PT. Persada Al-Amin). Other thesis, Universitas Siliwangi.
01 Cover.pdf
Download (21kB)
03 Lembar Penguji.pdf
Download (27kB)
02 Lembar Pengesahan.pdf
Download (61kB)
04 Lembar Orisinalitas.pdf
Download (20kB)
05 Motto dan Persembahan.pdf
Download (103kB)
06 Abstrak.pdf
Download (5kB)
07 Abstract.pdf
Download (6kB)
08 Kata Pengantar.pdf
Download (120kB)
09 Ucapan Terima Kasih.pdf
Download (124kB)
10 Daftar Isi.pdf
Download (662kB)
11 Daftar Gambar.pdf
Download (283kB)
12 Daftar Tabel.pdf
Download (181kB)
13 Daftar Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (297kB)
14 BAB 1.pdf
Download (710kB)
15 BAB 2.pdf
Download (610kB)
16 BAB 3.pdf
Download (895kB)
17 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
18 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (345kB)
19 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (924kB)
20 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Kelompok bimbingan ibadah haji dalam proses dan teknik bimbingan menggunakan pendekatan serta prinsip dalam pendidikan orang dewasa. Berdasarkan pra penelitian, peneliti menemukan permasalahan pada kelompok bimbingan ibadah haji yaitu adanya perbedaan latar belakang pekerjaan daripada jemaah haji, tingkat akhir pendidikan yang beragam, menanggapi situasi dimana daya tangkap yang rendah, perbedaan usia, bahkan keberadaan jemaah haji dengan kondisi lansia yang menjadi perhatian. Berdasarkan permasalahan tersebut, tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana pendekatan andragogi dalam kelompok bimbingan ibadah haji diterapkan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif, penggunaan metode ini telah disesuaikan dengan kebutuhan penelitian yang mencari tahu lebih dalam terkait kondisi yang terjadi sehingga dapat menjawab berbagai pertanyaan yang diajukan, hasil penelitian disajikan dalam bentuk narasi, yaitu pendekatan andragogi memiliki peran yang penting dalam pembelajaran bagi orang dewasa sehingga perlu sekali diperhatikan oleh seorang pembimbing. Pendidikan andragogi bukan hanya strategi dalam proses memberikan pembelajaran, melainkan bentuk pola pelayanan dan komunikasi yang tepat untuk diterapkan. Seorang pembimbing dapat menggunakan dasar asumsi pada orang dewasa untuk dapat melakukan pendekatan andragogi.
Kata Kunci : Bimbingan Ibadah Haji, Pendekatan Andragogi, Jemaah haji
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat |
| Depositing User: | user1 user1 user1 |
| Date Deposited: | 17 Dec 2025 02:23 |
| Last Modified: | 17 Dec 2025 02:23 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2895 |
