NURAENI, SRI (2024) PENGARUH SELF-EFFICACY TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI GENDER. Other thesis, Universitas Siliwangi.
01. Cover.pdf
Download (83kB)
02. Lembar Pengesahan.pdf
Download (173kB)
03. Surat Keterangan.pdf
Download (104kB)
04. Pernyataan Keaslian.pdf
Download (85kB)
05. Abstrak.pdf
Download (7kB)
06. Kata Pengantar.pdf
Download (51kB)
07. Daftar Isi.pdf
Download (269kB)
08. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf
Download (205kB)
09. BAB 2 LANDASAN TEORETIS.pdf
Download (330kB)
10. BAB 3 PROSEDUR PENELITIAN.pdf
Download (357kB)
11. BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (402kB)
12. BAB 5 SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8kB)
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (161kB)
14. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
15. Daftar Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (20kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan self-efficacy antara gender laki-laki dan perempuan, perbedaan kemampuan penalaran matematis antara gender laki-laki dan perempuan, dan pengaruh self-efficacy terhadap kemampuan penalaran matematis siswa ditinjau dari gender. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode korelasional dengan desain penelitian expost facto. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri 20 Tasikmalaya. Sampel dalam penelitian ini diperoleh dengan mengunakan non probability sampling dengan teknik purposive sampling dari populasi yang ada. Terpilih kelas VII-B, VII-C, VII-D, VII-E sebagai kelas saampel dengan jumlah 102 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu dengan memberikan tes kemampuan penalaran matematis, dan angket self-efficacy. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, Uji Independent sample t-test dan Two way ANOVA. Berdasarkan pengolahan data, analisis data, dan pengujian hipotesis diperoleh hasil penelitian (1) Terdapat perbedaan self-efficacy antara gender laki laki dan perempuan, (2) Tidak terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa antara gender laki-laki dan perempuan, (3) Tidak terdapat pengaruh self efficacy terhadap kemampuan penalaran matematis siswa ditinjau dari gender.
Kata kunci: Self-efficacy, Kemampuan penalaran matematis, gender.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | user1 user1 user1 |
| Date Deposited: | 17 Dec 2025 02:01 |
| Last Modified: | 17 Dec 2025 02:01 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2886 |
