KAMAL, MUHAMMAD MUSTOPA (2024) UPAYA PUSAT PEMBELAJARAN KELUARGA (PUSPAGA) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENGASUHAN BERBASIS HAK ANAK DI KOTA TANGERANG (Studi pada Lembaga Terbaik Membanggakan dengan Tingkatkan Sinergi (Terbang Tinggi) di Pusat Pembelajaran Keluarga). Other thesis, Universitas Siliwangi.
01 Cover.pdf
Download (76kB)
02 Lembar Pengesahan_M Mustopa Kamal.pdf
Download (665kB)
03 Lembar Penguji .pdf
Download (598kB)
04 Lembar Pernyataan Keaslian.pdf
Download (259kB)
05 Halaman Pribadi.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (44kB)
06 Abstrak.pdf
Download (46kB)
07 Abstract.pdf
Download (108kB)
08 Kata Pengantar.pdf
Download (91kB)
09 Ucapan Terima Kasih.pdf
Download (154kB)
10 Daftar Isi.pdf
Download (96kB)
11 Daftar Tabel.pdf
Download (42kB)
12 Daftar Gambar.pdf
Download (42kB)
13 Daftar Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (44kB)
14 BAB 1 SKIRPSI_Muhammad Mustopa Kamal_202103070.pdf
Download (131kB)
15 BAB 2 SKIRPSI_Muhammad Mustopa Kamal_202103070.pdf
Download (411kB)
16 BAB 3 SKIRPSI_Muhammad Mustopa Kamal_202103070.pdf
Download (151kB)
17 BAB 4 SKIRPSI_Muhammad Mustopa Kamal_202103070.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (406kB)
18 BAB 5 SKIRPSI_Muhammad Mustopa Kamal_202103070.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (51kB)
19 DAFTAR PUSTAKA SKIRPSI_Muhammad Mustopa Kamal_202103070.pdf
Download (192kB)
20 LAMPIRAN SKIRPSI_Muhammad Mustopa Kamal_202103070.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Pengasuhan anak di Kota Tangerang terganggu akibat peningkatan kasus perceraian dan orang tua tidak memiliki pengetahuan dan keterampilan tentang pengasuhan berbasis hak anak. Pengasuhan berbasis hak anak adalah memperhatikan hak-hak anak terutama hak dasar anak yang meliputi Hak hidup, Hak tumbuh berkembang, Hak Perlindungan, Hak Partisipasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui upaya Pusat Pembelajaran Keluarga (PUSPAGA) dalam meningkatkan kualitas pengasuhan berbasis hak anak di Kota Tangerang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik observasi, wawancara dan studi dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya pusat pembelajaran keluarga (PUSPAGA) dalam meningkatkan kualitas pengasuhan berbasis hak anak mencakup pada upaya preventif yang meliputi sosialisasi bimbingan keluarga, konseling pengasuhan, konsultasi bimbingan pranikah, serta edukasi pola asuh. Pendampingan upaya konseling pranikah dan pembentukan keluarga 2P (Pelopor dan Pelapor) untuk meningkatkan kualitas pengasuhan berbasis hak anak. Penyuluhan dilakukan melalui layanan penjangkauan dan PUSPAGA Keliling, dengan respons pengaduan dan kunjungan pada keluarga yang membutuhkan. Kemudian upaya promotif yang meliputi layanan informasi melalui sosial media, kerjasama antar lembaga dan instansi lain, dan pojok konsultasi. Simpulan penelitian ini yakni upaya Pusat Pembelajaran Keluarga (PUSPAGA) meliputi upaya preventif dengan melakukan sosialisasi, pendampingan, serta penyuluhan. Kemudian upaya promotif meliputi layanan informasi melalui sosial media, kerjasama antar lembaga dan instansi lain, serta pojok konsultasi.
Kata Kunci: Pusat Pembelajaran Keluarga, Kualitas Pengasuhan, Berbasis Hak Anak.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat |
| Depositing User: | user1 user1 user1 |
| Date Deposited: | 17 Dec 2025 01:50 |
| Last Modified: | 17 Dec 2025 01:50 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2881 |
