APLIKASI TOUR GUIDE BUS NGULISIK BERBASIS AUGMENTED REALITY DENGAN METODE MARKER-BASED TRACKING

Hafizh, Muhammad Raihan Abdul (2025) APLIKASI TOUR GUIDE BUS NGULISIK BERBASIS AUGMENTED REALITY DENGAN METODE MARKER-BASED TRACKING. Other thesis, Universitas siliwangi.

[thumbnail of 1. Cover.pdf] Text
1. Cover.pdf

Download (155kB)
[thumbnail of 2. Lembar Pengesahan TA.pdf] Text
2. Lembar Pengesahan TA.pdf

Download (71kB)
[thumbnail of 3. Pengesahan Penguji Sidang TA.pdf] Text
3. Pengesahan Penguji Sidang TA.pdf

Download (59kB)
[thumbnail of 4. Lembar Pernyataan Keaslian TA.pdf] Text
4. Lembar Pernyataan Keaslian TA.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of 5. Abstrak.pdf] Text
5. Abstrak.pdf

Download (251kB)
[thumbnail of 6. Kata Pengantar.pdf] Text
6. Kata Pengantar.pdf

Download (270kB)
[thumbnail of 7. Daftar Isi.pdf] Text
7. Daftar Isi.pdf

Download (239kB)
[thumbnail of 8. BAB I.pdf] Text
8. BAB I.pdf

Download (257kB)
[thumbnail of 9. BAB II.pdf] Text
9. BAB II.pdf

Download (587kB)
[thumbnail of 10. BAB III.pdf] Text
10. BAB III.pdf

Download (264kB)
[thumbnail of 11. BAB IV.pdf] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 12. BAB V.pdf] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (245kB)
[thumbnail of 13. Daftar Pustaka.pdf] Text
13. Daftar Pustaka.pdf

Download (236kB)
[thumbnail of 14. Lampiran.pdf] Text
14. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (899kB)

Abstract

Aplikasi pemandu wisata bus Ngulisik berbasis Augmented Reality (AR) dengan metode Marker-Based Tracking dikembangkan untuk menyediakan media informasi interaktif tentang sejarah dan landmark Kota Tasikmalaya bagi wisatawan pengguna bus wisata Ngulisik. Aplikasi ini memanfaatkan teknologi AR untuk memvisualisasikan 12 landmark di Kota Tasikmalaya yang dikunjungi oleh bus Ngulisik. Metode pengembangan yang digunakan adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC) versi Luther dengan tahapan concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Aplikasi dibangun menggunakan Unity, Vuforia SDK untuk pelacakan marker, dan Blender untuk pemodelan 3D. Pengujian fungsionalitas dengan metode Blackbox pendekatan Boundary Value Analysis (BVA) menunjukkan semua fungsi berjalan sesuai harapan. Pengujian usabilitas menggunakan System Usability Scale (SUS) menghasilkan skor 70,47 yang termasuk dalam kategori acceptability ranges “acceptable” dengan grade scale ”C” dan adjective rating “good”. Hal ini menunjukkan bahwa aplikasi mudah digunakan dan diterima oleh pengguna. Aplikasi ini diharapkan dapat meningkatkan pengalaman wisatawan di bus Ngulisik dengan menyajikan informasi interaktif dan visual tentang landmark bersejarah di Tasikmalaya.

Kata Kunci: Augmented Reality, Blackbox, MDLC, SUS

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika
Depositing User: user2 user2 user2
Date Deposited: 17 Dec 2025 01:07
Last Modified: 17 Dec 2025 01:07
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2866

Actions (login required)

View Item
View Item