OPTIMALISASI SISTEM PENGISIAN DAYA MOBIL LISTRIK DENGAN KOMPROMI DAYA AKTUAL GEDUNG

Nurdin, Irpan (2025) OPTIMALISASI SISTEM PENGISIAN DAYA MOBIL LISTRIK DENGAN KOMPROMI DAYA AKTUAL GEDUNG. Other thesis, Universitas siliwangi.

[thumbnail of 1-Cover.pdf] Text
1-Cover.pdf

Download (173kB)
[thumbnail of 2-Halaman Judul.pdf] Text
2-Halaman Judul.pdf

Download (174kB)
[thumbnail of 3 - Lembar Pernyataan Orisinalitas.pdf] Text
3 - Lembar Pernyataan Orisinalitas.pdf

Download (68kB)
[thumbnail of 4-Halaman Pengesahan.pdf] Text
4-Halaman Pengesahan.pdf

Download (209kB)
[thumbnail of 5-Kata Pengantar.pdf] Text
5-Kata Pengantar.pdf

Download (155kB)
[thumbnail of 6 - Halaman Persetujuan.pdf] Text
6 - Halaman Persetujuan.pdf

Download (154kB)
[thumbnail of 7-Abstrak.pdf] Text
7-Abstrak.pdf

Download (259kB)
[thumbnail of 8-daftar Isi.pdf] Text
8-daftar Isi.pdf

Download (243kB)
[thumbnail of 9-Daftar Gambar.pdf] Text
9-Daftar Gambar.pdf

Download (224kB)
[thumbnail of 10-Daftar Tabel.pdf] Text
10-Daftar Tabel.pdf

Download (154kB)
[thumbnail of 11-BAB 1.pdf] Text
11-BAB 1.pdf

Download (232kB)
[thumbnail of 12-BAB 2.pdf] Text
12-BAB 2.pdf

Download (906kB)
[thumbnail of 13-BAB 3.pdf] Text
13-BAB 3.pdf

Download (524kB)
[thumbnail of 14-BAB 4.pdf] Text
14-BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (818kB)
[thumbnail of 15-BAB 5.pdf] Text
15-BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[thumbnail of 16-Daftar Referensi.pdf] Text
16-Daftar Referensi.pdf

Download (222kB)
[thumbnail of 17-Lampiran.pdf] Text
17-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (347kB)

Abstract

Perkembangan kendaraan listrik sebagai solusi atas isu lingkungan global mendorong peningkatan kebutuhan terhadap infrastruktur pendukung seperti Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU). Namun, keterbatasan daya pada gedung komersial dan perkantoran menjadi tantangan dalam pengoperasian sistem pengisian daya yang efisien dan aman. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan sistem pengisian daya mobil listrik dengan mempertimbangkan kompromi terhadap daya aktual yang tersedia di gedung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pemodelan dan simulasi menggunakan perangkat lunak MATLAB/Simulink. Model terdiri dari grid tiga fasa, rectifier, boost converter, kontrol PID, dan baterai Li-ion. Simulasi dilakukan selama 24 jam dengan memperhatikan pola beban gedung yang bervariasi. Sistem kontrol dirancang untuk menyesuaikan daya pengisian kendaraan listrik berdasarkan konsumsi daya aktual gedung guna menghindari overload dan menjaga efisiensi. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam pengembangan infrastruktur pengisian daya kendaraan listrik yang terintegrasi dan efisien pada lingkungan dengan keterbatasan daya.

Kata Kunci: kendaraan listrik, SPKLU, daya aktual gedung, optimalisasi pengisian, simulasi MATLAB.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: user2 user2 user2
Date Deposited: 16 Dec 2025 07:09
Last Modified: 16 Dec 2025 07:09
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2846

Actions (login required)

View Item
View Item