AGUNG, YUDI CAHYA (2024) KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP RSUD SMC KABUPATEN TASIKMALAYA DALAM KUALITAS LAYANAN MAKANAN RUMAH SAKIT DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA. Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (1MB)
2. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf
Download (1MB)
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (2MB)
4. HALAMAN PERSEMBAHAN.pdf
Download (1MB)
5. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
6. PERNYATAAN.pdf
Download (1MB)
7. KATA PENGANTAR.pdf
Download (1MB)
8. ABSTRAK.pdf
Download (2MB)
9. DAFTAR ISI.pdf
Download (2MB)
10. DAFTAR TABEL.pdf
Download (1MB)
11. DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (1MB)
12. BAB 1.pdf
Download (2MB)
13. BAB 2.pdf
Download (2MB)
14. BAB 3.pdf
Download (2MB)
15. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
16. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
17. BAB 6.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (2MB)
19. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Pelayanan makanan kepada pasien rawat inap bertujuan agar pasien rawat inap memperoleh asupan makanan yang sesuai dengan kondisi kesehatannya dalam upaya mempercepat proses penyembuhan, mempertahankan dan meningkatkan status gizi. Program pelayanan gizi atau pelayanan makanan rumah sakit juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan rumah sakit dengan upaya penyediaan pelayanan gizi yang efisien dan terintegrasi dengan pelayanan kesehatan lainnya. Berhasil atau tidaknya pelayanan makanan di rumah sakit dapat diperoleh dari kepuasan pasien terhadap pelayanan yang diberikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan "Kepuasan Pasien Rawat Inap RSUD SMC Kabupaten Tasikmalaya Dalam Layanan Makanan Rumah Sakit dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya”. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian cross sectional. Populasi dari penelitian ini adalah pasien rawat inap di RSUD SMC Kabupaten Tasikmalaya. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah quota sampling dengan jumlah sampel 113 responden. Uji statistik yang digunakan yaitu chi-square dengan taraf α = 0,05. Pada hasil penelitian ini tidak dapat diketahui hubungan antara kualitas layanan makanan, umur dengan kepuasan pasien rawat inap di RSUD SMC Kabupaten Tasikmalaya. Tidak adanya hubungan yang signifikan antara jenis kelamin (p-value 0,355), pendidikan (p-value 0,156) dan pekerjaan pasien (p-value 1,000) dengan kepuasan pasien rawat inap terhadap kualitas layanan makanan di RSUD SMC Kabupaten Tasikmalaya. Berdasarkan penelitian ini disarankan bagi RSUD SMC Kabupaten Tasikmalaya mempertahankan kualitas layanan makanan dengan professional karena mayoritas pasien merasa puas dengan layanan makanan yang diberikan rumah sakit dan tidak adanya hubungan antara karakteristik pasien dengan kepuasan layanan makanan rumah sakit.
Kata Kunci : Kepuasan Pasien Rawat Inap, Kualitas Layanan Makanan
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat |
| Depositing User: | user1 user1 user1 |
| Date Deposited: | 16 Dec 2025 03:43 |
| Last Modified: | 16 Dec 2025 03:43 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2822 |
