NURJANI, NURJANI (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI IPS 3 SMA NEGERI 1 MANONJAYA. Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (22kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (45kB)
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (244kB)
4. LEMBAR PENGUJI.pdf
Download (266kB)
5. ABSTRAK.pdf
Download (11kB)
6. KATA PENGANTAR.pdf
Download (70kB)
7. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf
Download (75kB)
8. HALAMAN PRIBADI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (69kB)
9. DAFTAR ISI.pdf
Download (53kB)
10. BAB I.pdf
Download (92kB)
11. BAB 2.pdf
Download (215kB)
12. BAB 3.pdf
Download (369kB)
13. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (230kB)
14. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (10kB)
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (141kB)
16. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian bertujuan untuk 1) mendeskripsikan proses pembelajaran dengan menggunakan media WordWall pada mata pelajaran Sejarah Indonesia Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Manonjaya; dan 2) mengetahui pengaruh media pembelajaran WordWall pada mata pelajaran Sejarah Indonesia terhadap motivasi belajar Peserta Didik Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Manonjaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini yaitu desain kuasi eksperimen dengan rancangan pretest-posttest with non-Equivalent Control-Group Design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 1 Manonjaya, sedangkan sampel yang digunakan yaitu peserta didik kelas XI IPS 2 dan XI IPS 3 SMA Negeri 1 Manonjaya. Pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan obervasi dan penyebaran kuesioner sebelum dan sesudah kegiatan pembelajaran. Data kemudian dianalisis dengan menggunakan uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis. Untuk mengolah data peneliti menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistics 26. Hasil uji hipotesis uji hipotesis dengan uji independent sample t-test diketahui nilai sig. (2-tailed) yaitu 0,000 yang berarti < 0,05. Penemuan dilapangan menunjukkan bahwa terdapat peningkatan motivasi belajar peserta didik seperti memperhatikan dengan fokus ketika guru menjelaskan, aktif ketika belajar dan mengikuti pembelajaran secara menyeluruh. Berdasarkan penemuan dilapangan dan pengujian yang telah dilakukan maka dapat dinyatakan bahwa penggunaan media pembelajaran WordWall pada mata pelajaran Sejarah Indonesia berpengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Manonjaya.
Kata Kunci: Pembelajaran Sejarah Indonesia, Media WordWall, Motivasi Belajar
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > LA History of education |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
| Depositing User: | user1 user1 user1 |
| Date Deposited: | 16 Dec 2025 03:04 |
| Last Modified: | 16 Dec 2025 03:04 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2815 |
