PUTRY, REINA AULYA (2024) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA SMART APPS CREATOR (SAC) TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATERI PENGUKURAN (Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 2 Ciamis Tahun Ajaran 2023/2024). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. Cover - Reina Aulya Putry.pdf
Download (18kB)
2. pengesahan - Reina Aulya Putry.pdf
Download (60kB)
3. pernyataan - Reina Aulya Putry.pdf
Download (62kB)
4. Halaman Pribadi - Reina Aulya Putry.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (267kB)
5. Abstrak - Reina Aulya Putry.pdf
Download (224kB)
6. Kata Pengantar - Reina Aulya Putry.pdf
Download (124kB)
7. Daftar Isi - Reina Aulya Putry.pdf
Download (384kB)
8. BAB 1 - Reina Aulya Putry.pdf
Download (142kB)
9. BAB 2 - Reina Aulya Putry.pdf
Download (376kB)
10. BAB 3 - Reina Aulya Putry.pdf
Download (504kB)
11. BAB 4 - Reina Aulya Putry.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (433kB)
12. BAB 5 - Reina Aulya Putry.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (126kB)
13. Daftar Pustaka - Reina Aulya Putry.pdf
Download (120kB)
14. Lampiran - Reina Aulya Putry.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
15. Riwayat Hidup - Reina Aulya Putry.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (113kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa siswa memiliki tingkat kemampuan kognitif yang rendah serta membutuhkan suatu model pembelajaran berbantuan media pembelajaran mobile learning terkhusus pada materi pengukuran, sehingga siswa dapat memenuhi aspek kognitif dengan baik. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan model Discovery Learning berbantuan media Smart Apps Creator. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model Discovery Learning berbantuan Smart Apps Creator menggunakan mobile learning terhadap kemampuan kognitif siswa pada materi pengukuran. Penelitian ini dilakukan di kelas X MIPA SMA Negeri 2 Ciamis. Populasi penelitian berjumlah 252 siswa dan sampelnya adalah 1 kelas eksperimen dengan jumlah 36 siswa dan 1 kelas kontrol dengan jumlah 36 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan design penelitian Posttest-Only control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes. Tes yang dilakukan berupa soal posttest sebanyak 14 soal two tier multiple choice berdasarkan indikator C1-C3. Setelah melakukan uji hipotesis menggunakan uji t pada taraf signifikansi setelah diterapkannya model Discovery Learning diperoleh membuktikan bahwa maka ditolak. Dapat disimpulkan pada taraf kerpercayaan 99,5% ada pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan kognitif siswa pada materi pengukuran di kelas 10 SMA Negeri 2 Ciamis tahun ajaran 2023/2024.
Kata kunci: discovery learning, kemampuan kognitif, pengukuran, smart apps creator
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QC Physics |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
| Depositing User: | user1 user1 user1 |
| Date Deposited: | 16 Dec 2025 02:53 |
| Last Modified: | 16 Dec 2025 02:53 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2813 |
