HERVIANI, LEVINA (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK (Studi Quasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan Kelas XII MIPA SMA Negeri 2 Singaparna). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. cover.pdf
Download (35kB)
2. pengesahan.pdf
Download (65kB)
3. penguji.pdf
Download (60kB)
4. pernyataan.pdf
Download (65kB)
5. abstrak.pdf
Download (30kB)
6. kata pengantar.pdf
Download (143kB)
7. daftar isi.pdf
Download (159kB)
8. bab 1.pdf
Download (157kB)
9. bab 2.pdf
Download (167kB)
10. bab 3.pdf
Download (312kB)
11. bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (212kB)
12. bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (28kB)
13. daftar pustaka.pdf
Download (172kB)
14. lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (770kB)
15. riwayat hidup.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (27kB)
Abstract
Rendahnya kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada mata pelajaran prakarya
dan kewirausahaan di SMA Negeri 2 Singaparna disebabkan oleh penggunaan
model pembelajaran yang tidak sesuai dengan materi yang akan disampaikan.
Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model
pembelajaran project based learning berbantuan media video terhadap kreativitas
peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis quasi
eksperimen. Adapun teori yang melandasi penelitian ini adalah teori belajar
kontruktivisme yang dikembangkan oleh Jean Piaget. Populasi pada penelitian ini
adalah seluruh peserta didik kelas XII MIPA yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah
peserta didik tiap kelasnya adalah 36 orang, sampel diambil menggunakan teknik
purposive sampling dengan kriteria kelas yang memperoleh rata-rata nilai pra
penelitian paling rendah dijadikan sebagai kelas eksperimen, sedangkan kelas
dengan rata-rata nilai pra-penelitian paling tinggi dijadikan sebagai kelas kontrol.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan melakukan pretest dan
posttest pada kelas yang telah dijadikan sampel. Data yang telah diperoleh
kemudian diolah dengan analisis regresi linier sederhana, dengan hasil bahwa
penerapan model pembelajaran project based learning berbantuan media video
mampu meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik dibandingkan
dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional
sesudah perlakuan.
Kata Kunci : Rendahnya Kemampuan Berpikir Kreatif, Project based learning,
Media Video, Kreativitas
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
| Depositing User: | irma sri katon |
| Date Deposited: | 28 Oct 2025 04:42 |
| Last Modified: | 28 Oct 2025 04:42 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/281 |
