ANALISIS ASPEK KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA BUKU TEKS BIOLOGI SMA KELAS XII DI KOTA TASIKMALAYA

GUSMAWATI, SOPHI (2024) ANALISIS ASPEK KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA BUKU TEKS BIOLOGI SMA KELAS XII DI KOTA TASIKMALAYA. Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. Cover.pdf] Text
1. Cover.pdf

Download (633kB)
[thumbnail of 2. Lembar Pengesahan.pdf] Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (174kB)
[thumbnail of 3. Pernyataan Keabsahan.pdf] Text
3. Pernyataan Keabsahan.pdf

Download (266kB)
[thumbnail of 4. Abstrak.pdf.pdf] Text
4. Abstrak.pdf.pdf

Download (734kB)
[thumbnail of 5. Kata pengantar.pdf] Text
5. Kata pengantar.pdf

Download (339kB)
[thumbnail of 6. Ucapan Terimakasih.pdf.pdf] Text
6. Ucapan Terimakasih.pdf.pdf

Download (279kB)
[thumbnail of 7. Daftar Isi.pdf.pdf] Text
7. Daftar Isi.pdf.pdf

Download (683kB)
[thumbnail of 8. Daftar Tabel.pdf.pdf] Text
8. Daftar Tabel.pdf.pdf

Download (642kB)
[thumbnail of 9. Daftar Gambar.pdf.pdf] Text
9. Daftar Gambar.pdf.pdf

Download (712kB)
[thumbnail of 10. Daftar Lampiran.pdf.pdf] Text
10. Daftar Lampiran.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (617kB)
[thumbnail of 11. BAB 1.pdf.pdf] Text
11. BAB 1.pdf.pdf

Download (706kB)
[thumbnail of 12. BAB 2.pdf.pdf] Text
12. BAB 2.pdf.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 13. BAB 3.pdf.pdf] Text
13. BAB 3.pdf.pdf

Download (993kB)
[thumbnail of 14. BAB 4.pdf.pdf] Text
14. BAB 4.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 15. BAB 5.pdf.pdf] Text
15. BAB 5.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (620kB)
[thumbnail of 16. Daftar Pustaka.pdf.pdf] Text
16. Daftar Pustaka.pdf.pdf

Download (709kB)
[thumbnail of 17. Lampiran.pdf.pdf] Text
17. Lampiran.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21MB)
[thumbnail of 18. Daftar Riwayat Hidup.pdf] Text
18. Daftar Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)

Abstract

Penelitian ini membuktikan bahwa buku teks biologi yang digunakan oleh SMA Negeri di Kota Tasikmalaya sudah mengembangkan salah satu tujuan kurikulum 2013 yaitu menggunakan pendekatan saintifik dengan mengembangkan aspek KPS. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gambaran aspek keterampilan proses sains pada buku teks biologi kelas XII di SMA Negeri Kota Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian analisis isi (conten analysis). Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dari teknik tersebut didapatkan tiga buku biologi yang berasal dari tiga penerbit yang berbeda dan banyak digunakan di SMA Negeri di Kota Tasikmalaya. Hasil penelitian menunjukkan buku A mengembangkan 100%, buku B mengembangkan 92%, dan buku C mengembangkan 83% dari seluruh aspek KPS yang diteliti. Dari ketiga buku yang dianalisis yang paling banyak ditemukan ialah jenis KPS Dasar dengan rata-rata persentase 83,63% sedangkan pengembangan KPS Terintegrasi hanya sekitar 16,37%. Analisis data yang digunakan ialah uji reliabilitas inter-rater dengan menghitung koefisien kappa dan menghitung persentase kesepakatan antar pengamat. Dari ketiga buku teks biologi yang dianalisis menunjukkan buku-buku tersebut telah memenuhi aspek KPS dengan hasil penilaian kappa dan perhitungan persentase antar pengamat menyatakan bahwa hasil pengkategorian dapat diterima (buku A = 0,951/98%, buku B = 0,954/99%, dan buku C 0,974/97%). Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa ketiga buku teks biologi yang dianalisis telah sesuai dalam mengembangkan keterampilan proses sains, meskipun frekuensi pengembangannya belum merata pada seluruh aspek KPS (lebih banyak mengembangkan keterampilan proses dasar).

Kata kunci: Analisis, Buku Teks Biologi, Keterampilan Proses Sains

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: user1 user1 user1
Date Deposited: 16 Dec 2025 02:24
Last Modified: 16 Dec 2025 02:24
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2806

Actions (login required)

View Item
View Item