HIDAYAH, MIFTAHUL (2024) ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIKA BERDASARKAN GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (28kB)
2. PENGESAHAN.pdf
Download (61kB)
3. PERNYATAAN.pdf
Download (69kB)
4. LEMBAR PENGUJI.pdf
Download (77kB)
5. ABSTRAK.pdf
Download (6kB)
6. KATA PENGANTAR.pdf
Download (71kB)
7. DAFTAR ISI.pdf
Download (37kB)
8. DAFTAR TABEL.pdf
Download (31kB)
9. DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (45kB)
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (33kB)
11. BAB 1.pdf
Download (131kB)
12. BAB 2.pdf
Download (290kB)
13. BAB 3.pdf
Download (58kB)
14. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (655kB)
15. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8kB)
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (77kB)
17. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemahaman matematika peserta didik kelas VIII berdasarkan gaya belajar yang dimilikinya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan subjek peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 3 Ciamis. Teknik pengumpulan data berupa tes kemampuan pemahaman matematika, angket gaya belajar, dan wawancara. Instrumen yang digunakan adalah soal tes kemampuan pemahaman matematika dan angket gaya belajar (visual, auditorial, dan kinestetik). Penentuan subjek penelitian didasarkan pada hasil tes kemampuan pemahaman matematika yang menyelesaikan seluruh indikator kemampuan pemahaman matematika, memenuhi ciri gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik yang diperoleh melalui angket gaya belajar. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan uji kredibilitas data, uji tranferabilitas, uji dependabilitas, dan uji konfirmabilitas. Hasil penelitian diperoleh bahwa baik peserta didik dengan gaya belajar visual, auditorial, maupun kinestetik, sama-sama memiliki kemampuan pemahaman fungsional dengan mampu memenuhi indikator mengaitkan satu konsep dengan konsep lain. Namun, untuk kemampuan komputasional hanya dimiliki oleh peserta didik dengan gaya belajar visual karena ia mampu memenuhi indikator menerapkan rumus dalam perhitungan sederhana dan melakukan perhitungan secara algoritmik. Peserta didik auditorial dan kinestetik sama-sama belum memiliki kemampuan komputasional, hal ini dikarenakan keduanya tidak memenuhi indikator mengerjakan perhitungan secara algoritmik.
Kata kunci: Kemampuan Pemahaman Matematika, Gaya Belajar
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | user1 user1 user1 |
| Date Deposited: | 16 Dec 2025 01:44 |
| Last Modified: | 16 Dec 2025 01:44 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2798 |
