ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIKA BERDASARKAN GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

HIDAYAH, MIFTAHUL (2024) ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIKA BERDASARKAN GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (28kB)
[thumbnail of 2. PENGESAHAN.pdf] Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (61kB)
[thumbnail of 3. PERNYATAAN.pdf] Text
3. PERNYATAAN.pdf

Download (69kB)
[thumbnail of 4. LEMBAR PENGUJI.pdf] Text
4. LEMBAR PENGUJI.pdf

Download (77kB)
[thumbnail of 5. ABSTRAK.pdf] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (6kB)
[thumbnail of 6. KATA PENGANTAR.pdf] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (71kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR ISI.pdf] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (37kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR TABEL.pdf] Text
8. DAFTAR TABEL.pdf

Download (31kB)
[thumbnail of 9. DAFTAR GAMBAR.pdf] Text
9. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (45kB)
[thumbnail of 10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf] Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[thumbnail of 11. BAB 1.pdf] Text
11. BAB 1.pdf

Download (131kB)
[thumbnail of 12. BAB 2.pdf] Text
12. BAB 2.pdf

Download (290kB)
[thumbnail of 13. BAB 3.pdf] Text
13. BAB 3.pdf

Download (58kB)
[thumbnail of 14. BAB 4.pdf] Text
14. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (655kB)
[thumbnail of 15. BAB 5.pdf] Text
15. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[thumbnail of 16. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (77kB)
[thumbnail of 17. LAMPIRAN.pdf] Text
17. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemahaman matematika peserta didik kelas VIII berdasarkan gaya belajar yang dimilikinya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan subjek peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 3 Ciamis. Teknik pengumpulan data berupa tes kemampuan pemahaman matematika, angket gaya belajar, dan wawancara. Instrumen yang digunakan adalah soal tes kemampuan pemahaman matematika dan angket gaya belajar (visual, auditorial, dan kinestetik). Penentuan subjek penelitian didasarkan pada hasil tes kemampuan pemahaman matematika yang menyelesaikan seluruh indikator kemampuan pemahaman matematika, memenuhi ciri gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik yang diperoleh melalui angket gaya belajar. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan uji kredibilitas data, uji tranferabilitas, uji dependabilitas, dan uji konfirmabilitas. Hasil penelitian diperoleh bahwa baik peserta didik dengan gaya belajar visual, auditorial, maupun kinestetik, sama-sama memiliki kemampuan pemahaman fungsional dengan mampu memenuhi indikator mengaitkan satu konsep dengan konsep lain. Namun, untuk kemampuan komputasional hanya dimiliki oleh peserta didik dengan gaya belajar visual karena ia mampu memenuhi indikator menerapkan rumus dalam perhitungan sederhana dan melakukan perhitungan secara algoritmik. Peserta didik auditorial dan kinestetik sama-sama belum memiliki kemampuan komputasional, hal ini dikarenakan keduanya tidak memenuhi indikator mengerjakan perhitungan secara algoritmik.

Kata kunci: Kemampuan Pemahaman Matematika, Gaya Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: user1 user1 user1
Date Deposited: 16 Dec 2025 01:44
Last Modified: 16 Dec 2025 01:44
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2798

Actions (login required)

View Item
View Item