HOIRUNISA, WINDI (2024) PENGGUNAAN SETARA DARING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA PROGRAM KESETARAAN PAKET C (Studi pada Lembaga PKBM Gema Kota Tasikmalaya). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (111kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (186kB)
3. LEMBAR HALAMAN PENGUJI.pdf
Download (172kB)
4. LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf
Download (223kB)
5. MOTTO DAN PERSEMBAHAN.pdf
Download (163kB)
6. ABSTRAK.pdf
Download (89kB)
7. ABSTRACT.pdf
Download (184kB)
8. KATA PENGANTAR.pdf
Download (268kB)
9. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf
Download (90kB)
10. DAFTAR ISI.pdf
Download (95kB)
11. DAFTAR TABEL.pdf
Download (87kB)
12. DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (86kB)
13. DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (88kB)
14. BAB I PENDAHULUAN.pdf
Download (243kB)
15. BAB II TINJAUAN TEORETIS.pdf
Download (415kB)
16. BAB III PROSEDUR PENELITIAN.pdf
Download (261kB)
17. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (532kB)
18. BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (96kB)
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (216kB)
20. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Salah satu kebijakan kurikulum 2013 kesetaraan yaitu penggunaan seTARA daring. SeTARA daring tercipta untuk memudahkan warga belajar dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dimanapun dan kapanpun. PKBM Gema Kota Tasikmalaya merupakan salah satu PKBM terbaik di Tasikmalaya, oleh karenanya pada tahun 2018 dijadikan salah satu lembaga pendidikan masyarakat percontohan dalam penggunaan seTARA daring karena banyak warga belajar program kesetaraan yang tidak bisa mengikuti pembelajaran secara langsung dan sesuai dengan tujuan penggunaan seTARA daring ini. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan mendeskripsikan penggunaan seTARA daring sebagai media pembelajaran yang dilaksanakan program kesetaraan paket C di PKBM Gema Kota Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan pada tahap perencanaan meliputi perumusan tujuan penggunaan seTARA daring, rangkaian dan proses kegiatan pembelajaran, dan lingkup pembelajaran. Pada tahap pelaksanaan meliputi metode pembelajaran, bahan ajar atau materi ajar, media pembelajaran, proses belajar mengajar dan motivasi. Pada tahap evaluasi meliputi model penilaian pembelajaran, kriteria penilaian pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Pada proses pelaksanaanya tutor mempersiapkan unit materi ajar yang akan diunggah dari modul mata pelajaran yang dibagi menjadi sub materi. Tutor mengunggah materi pembelajaran, video pembelajaran dan tugas sesuai jadwal pelajarannya dengan tenggat waktu yang telah ditentukan. Simpulan dari penelitian ini yaitu penggunaan seTARA daring sebagai media pembelajaran pada program kesetaraan paket C dilaksanakan dengan kelengkapan pembelajaran dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi.
Kata kunci: Media Pembelajaran, Program Kesetaraan, seTARA Daring.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat |
| Depositing User: | user1 user1 user1 |
| Date Deposited: | 16 Dec 2025 01:21 |
| Last Modified: | 16 Dec 2025 01:21 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2792 |
