PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR (Studi Kuasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Singaparna Tahun Ajaran 2023/2024)

APRIALDA, GIA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR (Studi Kuasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Singaparna Tahun Ajaran 2023/2024). Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (151kB)
[thumbnail of 3. LEMBAR PENGUJI.pdf] Text
3. LEMBAR PENGUJI.pdf

Download (115kB)
[thumbnail of 4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (120kB)
[thumbnail of 5. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf] Text
5. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (189kB)
[thumbnail of 6. KATA PENGANTAR.pdf] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (308kB)
[thumbnail of 7. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf] Text
7. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (194kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR-DAFTAR.pdf] Text
8. DAFTAR-DAFTAR.pdf

Download (290kB)
[thumbnail of 9. BAB 1.pdf] Text
9. BAB 1.pdf

Download (319kB)
[thumbnail of 10. BAB 2.pdf] Text
10. BAB 2.pdf

Download (676kB)
[thumbnail of 11. BAB 3.pdf] Text
11. BAB 3.pdf

Download (914kB)
[thumbnail of 12. BAB 4.pdf] Text
12. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (636kB)
[thumbnail of 13. BAB 5.pdf] Text
13. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[thumbnail of 14. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (424kB)
[thumbnail of 15. LAMPIRAN.pdf] Text
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar peserta didik menjadi salah satu permasalahan pembelajaran di SMA Negeri 1 Singaparna karena masih ada beberapa peserta didik yang nilai PAS Ganjil mata pelajaran ekonomi di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match berbantuan media Wordwall terhadap hasil belajar. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 1 Singaparna yang berjumlah 142 orang. Purposive sampling sebagai teknik pengambilan sampel, yaitu kelas eksperimen (XI IPS 4) dan kelas kontrol (XI IPS 1) dengan jumlah 36 peserta didik. Tes berbentuk multiple-choice digunakan sebagai teknik pengumpulan data dalam penelitian ini. Teknik analisis data menggunakan uji paired sample t-test dan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik pada kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match berbantuan media Wordwall sebelum dan sesudah perlakuan dengan nilai rata-rata N-Gain 0,71 (Tinggi). 2) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik pada kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional sebelum dan sesudah perlakuan dengan nilai rata-rata N-Gain 0,46 (Sedang). 3) Terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar peserta didik pada kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match berbantuan media Wordwall dan kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional sesudah perlakuan.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Media Pembelajaran Wordwall, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: user1 user1 user1
Date Deposited: 15 Dec 2025 08:17
Last Modified: 15 Dec 2025 08:17
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2788

Actions (login required)

View Item
View Item