APRIALDA, GIA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR (Studi Kuasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Singaparna Tahun Ajaran 2023/2024). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (211kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (151kB)
3. LEMBAR PENGUJI.pdf
Download (115kB)
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (120kB)
5. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf
Download (189kB)
6. KATA PENGANTAR.pdf
Download (308kB)
7. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf
Download (194kB)
8. DAFTAR-DAFTAR.pdf
Download (290kB)
9. BAB 1.pdf
Download (319kB)
10. BAB 2.pdf
Download (676kB)
11. BAB 3.pdf
Download (914kB)
12. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (636kB)
13. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (185kB)
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (424kB)
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Rendahnya hasil belajar peserta didik menjadi salah satu permasalahan pembelajaran di SMA Negeri 1 Singaparna karena masih ada beberapa peserta didik yang nilai PAS Ganjil mata pelajaran ekonomi di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match berbantuan media Wordwall terhadap hasil belajar. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 1 Singaparna yang berjumlah 142 orang. Purposive sampling sebagai teknik pengambilan sampel, yaitu kelas eksperimen (XI IPS 4) dan kelas kontrol (XI IPS 1) dengan jumlah 36 peserta didik. Tes berbentuk multiple-choice digunakan sebagai teknik pengumpulan data dalam penelitian ini. Teknik analisis data menggunakan uji paired sample t-test dan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik pada kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match berbantuan media Wordwall sebelum dan sesudah perlakuan dengan nilai rata-rata N-Gain 0,71 (Tinggi). 2) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik pada kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional sebelum dan sesudah perlakuan dengan nilai rata-rata N-Gain 0,46 (Sedang). 3) Terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar peserta didik pada kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match berbantuan media Wordwall dan kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional sesudah perlakuan.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Media Pembelajaran Wordwall, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
| Depositing User: | user1 user1 user1 |
| Date Deposited: | 15 Dec 2025 08:17 |
| Last Modified: | 15 Dec 2025 08:17 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2788 |
