AMARULLOH, SANDY IHSAN (2024) PERSEPSI MATEMATIKA DAN KECEMASAN MATEMATIS PESERTA DIDIK SMA NEGERI DI KOTA TASIKMALAYA DITINJAU BERDASARKAN KELAS PEMINATAN (IPA/IPS). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (82kB)
2. PENGESAHAN.pdf
Download (188kB)
3. PENGUJI.pdf
Download (354kB)
4. PERNYATAAN.pdf
Download (148kB)
5. ABSTRAK.pdf
Download (6kB)
6. KATA PENGANTAR.pdf
Download (58kB)
7. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf
Download (82kB)
8. DAFTAR ISI.pdf
Download (167kB)
9. BAB I.pdf
Download (195kB)
10. BAB II.pdf
Download (210kB)
11. BAB III.pdf
Download (319kB)
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (645kB)
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (69kB)
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (160kB)
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (19MB)
16. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (18kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi matematika terhadap kecemasan matematispeserta didik ditinjau berdasarkan kelas peminatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey teknik pengumpulan data dengan pengamatan (wawancara atau kuesioner). peserta didik kelas XI SMA Negeri se-kota Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 10 sekolah., sampel dalam penelitian diambil sebanyak dua kelas masing-masing sekolah yang terdiri dari satu kelas peminatan IPA dan satu kelas peminatan IPS dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan yaitu kuesioner persepsi matematika, kuesioner kecemasan matematis. Teknik pengolahan dan analisis data menggunakan Uji Anova satu jalur, Uji Anova dua jalur, dengan Uji regrersi linier sederhana. Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data, dapat disimpulkan bahwa Profil persepsi matematika peserta didik pada kelas peminatan IPA memiliki persepsi matematika yang positif dan untuk kelas peminatan IPS persepsi matematika yang dimiliki oleh peserta didiknya yaitu persepsi matematika yang positif. Sedangkan untuk profil kecemasan matematis peserta didik pada kelas peminatan IPA yaitu cenderung tidak merasa cemas terhadap matematika dan untuk kelas peminatan IPS kecemasan matematis yang dimiliki oleh peserta didiknya yaitu cenderung masih cemas terhadap matematika, hasil penelitian juga menyebutkan bahwa terdapat perbedaan kecemasan matematis yang signifikan antara peserta didik yang memiliki persepsi matematika positif dan persepsi matematika negatif pada jenjang SMA Negeri di kota Tasikmalaya, terdapat perbedaan kecemasan matematis yang signifikan antara peserta didik kelas peminatan IPA dan IPS pada jenjang SMA Negeri di kota Tasikmalaya dan tidak terdapat pengaruh interaksi antara faktor persepsi matematika dan kelas peminatan (IPA & IPS) terhadap kecemasan matematis peserta didik pada jenjang SMA Negeri di Kota Tasikmalaya.
Kata kunci: Persepsi Matematika, Kecemasan Matematis, Kelas Peminatan
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | user1 user1 user1 |
| Date Deposited: | 15 Dec 2025 08:05 |
| Last Modified: | 15 Dec 2025 08:05 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2785 |
