MILAH, DENA SARIPATUL (2024) KORELASI ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DAN SELF EFFICACY TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI (Studi Korelasional dikelas X SMA Negeri 4 Tasikmalaya, Tahun Ajaran 2023/2024). Other thesis, Universitas Siliwangi.
ABSTRACT.pdf
Download (282kB)
ABSTRAK.pdf
Download (280kB)
BAB I.pdf
Download (270kB)
BAB II.pdf
Download (337kB)
BAB III.pdf
Download (670kB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (745kB)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (243kB)
COVER.pdf
Download (259kB)
DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (240kB)
DAFTAR ISI.pdf
Download (226kB)
DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (175kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (269kB)
DAFTAR TABEL.pdf
Download (249kB)
KATA PENGANTAR.pdf
Download (239kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (265kB)
PERNYATAAN.pdf
Download (232kB)
UCAPAN TERIMAKASIH.pdf
Download (179kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi antara kecerdasan emosional dan self efficacy terhadap prokrastinasi akademik peserta didik pada mata pelajaran biologi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode korelasional dengan populasi seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 4 Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024. Sampel yang digunakan dipilih dengan menggunakan teknik Purposive Sampling yakni kelas X-1, X-2, X-4 dan X-5 yang berjumlah 141 peserta didik. Instrumen yang digunakan yaitu Academic Procrastination Scale (APS) untuk mengukur prokrastinasi akademik peserta didik, angket kecerdasan emosional untuk mengukur kecerdasan emosional peserta didik, dan Academic Self-efficacy Scale untuk mengukur self efficacy peserta didik. Hasil penelitian menunjukan ada korelasi antara kecerdasan emosional dan self efficacy terhadap prokrastinasi akademik peserta didik dengan nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,734 yang artinya hubungan ketiga variabel tersebut termasuk dalam kategori korelasi kuat. Selain itu diperoleh koefisien determinasi (R2) sebesar 0,539 yang berarti bahwa variabel kecerdasan emosional dan self efficacy memberikan kontribusi sebesar 53,9% terhadap prokrastinasi akademik peserta didik. Sisanya yakni 46,1% merupakan variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini. Sehingga terdapat korelasi kuat antara kecerdasan emosional dan self efficacy terhadap prokrastinasi akademik peserta didik pada mata pelajaran biologi.
Kata kunci: Prokrastinasi Akademik, Kecerdasan Emosional, Self Efficacy, Biologi
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
| Depositing User: | user1 user1 user1 |
| Date Deposited: | 15 Dec 2025 06:22 |
| Last Modified: | 15 Dec 2025 06:22 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2759 |
