HIDAYATI, SANTI AULIYA (2024) DESAIN PEMBELAJARAN LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME KUBUS DAN BALOK MELALUI PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA DAN BERORIENTASI SPATIAL THINKING. Other thesis, Universitas Siliwangi.
01 COVER.pdf
Download (83kB)
02 LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (96kB)
03 SURAT KETERANGAN.pdf
Download (118kB)
04 PERNYATAAN KEASLIAN.pdf
Download (150kB)
05 ABSTRAK.pdf
Download (10kB)
06 KATA PENGANTAR.pdf
Download (123kB)
07 DAFTAR ISI.pdf
Download (212kB)
08 DAFTAR TABEL.pdf
Download (198kB)
09 DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (206kB)
10 DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (195kB)
11 BAB 1.pdf
Download (265kB)
12 BAB 2.pdf
Download (745kB)
13 BAB 3.pdf
Download (256kB)
14 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
15 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (15kB)
16 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (270kB)
17 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (12MB)
18 RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (15kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan konteks bungkus kado dan milo cube, menghasilkan learning trajectory, mengetahui capaian spatial thinking peserta didik yang dirancang dalam bentuk desain pembelajaran kubus dan balok melalui model pembelajaran problem based learning berbantuan geogebra. Penelitian ini menggunakan metode design research yang terdiri dari tiga tahap, yaitu: preparing for the experiment, design experiment, dan retrospective analysis. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu: observasi untuk mengamati dan mencatat hal-hal yang terjadi selama proses pembelajaran, merekam proses pembelajaran guna memperoleh data selama tahap design experiment, memberikan tes spatial thinking untuk mengetahui dampak dan capaian spatial thinking peserta didik, dan wawancara kepada peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 8 Tasikmalaya kelas VIII I sebagai kelas pilot experiment dan VIII K sebagai kelas teaching experiment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penggunaan konteks bungkus kado dan milo cube berperan sebagai visualisasi, representasi tiga dimensi, dan hands-on. (2a) Learning Trajectory Luas Permukaan Kubus dan Balok: (i) Mathematical World Orientation: Mengaitkan konsep matematika dengan konteks nyata; (ii) Model Material: Memvisualisasikan konsep menggunakan Geogebra; (iii) Building Stone Number: Mengidentifikasi elemen bangun ruang; dan (iv) Formal Notation: Menyimpulkan konsep secara formal. (2b) Learning Trajectory Volume Kubus dan Balok: (i) Mathematical World Orientation: Memberikan konteks relevan terkait volume; (ii) Model Material: Memodelkan masalah kontekstual ke bentuk matematika; (iii) Building Stone Number: Mengeksplorasi perhitungan volume; dan (iv) Formal Notation: Menyimpulkan konsep volume secara formal. Serta (3) Capaian spatial thinking peserta didik pada siklus pilot experiment mandapatkan 81%, sedangkan pada siklus teaching experiment mendapatkan 89%.
Kata kunci: Design Research, Geogebra, Kubus dan Balok, Learning Trajectory, Problem Based Learning, Spatial Thinking
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | user1 user1 user1 |
| Date Deposited: | 15 Dec 2025 03:58 |
| Last Modified: | 15 Dec 2025 03:58 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2748 |
