HADANI, SYLVIA NURISALIA (2024) NALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS PESERTA DIDIK BERDASARKAN GAYA BERPIKIR GREGORC. Other thesis, Universitas Siliwangi.
01. COVER_Sylvia N.pdf
Download (81kB)
02. LEMBAR PENGESAHAN_Sylvia N.pdf
Download (463kB)
03. SK REVISI UJIAN SKRIPSI_Sylvia N.pdf
Download (166kB)
04. PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH_Sylvia N.pdf
Download (17kB)
05. ABSTRAK_Sylvia N.pdf
Download (5kB)
06. KATA PENGANTAR_Sylvia N.pdf
Download (120kB)
07. DAFTAR ISI_Sylvia.pdf
Download (188kB)
08. DAFTAR TABEL_Sylvia N.pdf
Download (182kB)
09. DAFTAR GAMBAR_Sylvia N.pdf
Download (183kB)
10. DAFTAR LAMPIRAN_Sylvia N.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (184kB)
11. BAB I_Sylvia N.pdf
Download (24kB)
12. BAB II_Sylvia N.pdf
Download (353kB)
13. BAB III_Sylvia N.pdf
Download (178kB)
14. BAB IV_Sylvia N.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (598kB)
15. BAB V_Sylvia N.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8kB)
16. DAFTAR PUSTAKA_Sylvia N.pdf
Download (135kB)
17. LAMPIRAN_Sylvia N.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan representasi matematis peserta didik dalam menyelesaikan soal barisan dan deret berdasarkan gaya berpikir Gregorc yaitu sekuensial konkret, sekuensial abstrak, acak konkret dan acak abstrak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa pengisian angket gaya berpikir, tes kemampuan representasi matematis dan wawancara tidak terstuktur. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu soal tes kemampuan representasi matematis yang telah divalidasi oleh dua orang dosen Pendidikan Matematika dan angket gaya berpikir yang telah divalidasi oleh psikolog. Teknik pengambilan subjek dalam penelitian ini menggunakan skor hasil angket gaya berpikir dan berdasarkan pertimbangan guru mata pelajaran matematika. Subjek dalam penelitian ini adalah empat orang peserta didik kelas XI F4 A SMA Negeri 2 Tambun Selatan dengan satu subjek di setiap kategori gaya berpikir. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah (1) Subjek dengan tipe gaya berpikir sekuensial konkret (S-SK) telah mampu memenuhi tiga indikator representasi matematis yaitu visual, simbolik, dan verbal. (2) Subjek dengan tipe gaya berpikir sekuensial abstrak mampu memenuhi dua indikator yaitu indikator visual dan verbal tetapi kurang memenuhi indikator simbolik. (3) Subjek dengan tipe gaya berpikir acak konkret (S-AK) mampu memenuhi dua indikator representasi matematis yaitu visual dan verbal namun dalam pengerjaan indikator verbal subjek tidak menuliskan secara rinci. Dan tidak memenuhi indikator simbolik. (4) Subjek dengan tipe gaya berpikir acak abstrak (S-AA) mampu memenuhi dua indikator yaitu visual dan verbal tetapi kurang memenuhi indikator simbolik.
Kata kunci: Representasi Matematis, Gaya Berpikir Gregorc, Barisan dan Deret
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | user1 user1 user1 |
| Date Deposited: | 15 Dec 2025 03:45 |
| Last Modified: | 15 Dec 2025 03:45 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2745 |
