HARTATI, VIVI YULIA (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN SIMULASI MODELLUS PADA MATERI HUKUM KEKEKALAN ENERGI. Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (15kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (148kB)
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (139kB)
4. ABSTRAK.pdf
Download (12kB)
5. KATA PENGANTAR.pdf
Download (333kB)
6. DAFTAR - DAFTAR.pdf
Download (355kB)
7. BAB I.pdf
Download (37kB)
8. BAB 2.pdf
Download (589kB)
9. BAB 3.pdf
Download (339kB)
10. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
11. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8kB)
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (281kB)
13. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
Abstract
Penggunaan teknologi dalam pendidikan sesuai dengan Permendikbudristek tentang standar proses yaitu penggunaan perangkat teknologi untuk memberi pengalaman belajar yang berkualitas demi tercapainya tujuan belajar. Materi hukum kekekalan energi merupakan salah satu materi kontekstual dengan konsep dan contoh yang relevan dalam kehidupan sehari-hari. Pembuktian terkait keberlakuan hukum kekekalan energi dapat dengan memberikan gambaran, hubungan, atau representasi persamaan matematis untuk mempermudah pemahaman siswa. Oleh karena itu, peneliti melakukan pengembangan e-modul berbasis discovery learning berbantuan simulasi modellus pada materi hukum kekekalan energi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul dengan langkah praktikum menggunakan model discovery learning berbantuan simulasi modellus pada materi hukum kekekalan energi yang valid dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D dengan model 4D yang terdiri dari define, design, develop, dan disseminate. Namun, dalam penelitian ini peneliti membatasi penggunaan model pengembangan 4D sampai pada tahap develop. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi, lembar wawancara, angket kebutuhan siswa, angket validasi ahli materi dan ahli media, serta angket kepraktisan siswa. Setelah produk yang dibuat mendapatkan hasil yang valid dari ahli materi dan ahli media, dilakukan uji coba produk kepada siswa kelas X1 untuk mengukur kepraktisan produk yang dibuat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase hasil validasi dari ahli materi sebesar 85% dan ahli media sebesar 89% dengan kategori sangat valid. Hasil persentase kepraktisan sebesar 95% dengan kategori sangat praktis. Jadi, e-modul yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dan praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata kunci: Discovery learning, E-modul, Hukum kekekalan energi, Modellus
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QC Physics |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
| Depositing User: | user1 user1 user1 |
| Date Deposited: | 15 Dec 2025 03:29 |
| Last Modified: | 15 Dec 2025 03:29 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2740 |
