UTAMI, RITA YULIA YULESTARI RIZKI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MEANS-ENDS ANALYSIS (MEA) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI TEORI KINETIK GAS (Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas XI MIPA SMAN 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (16kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (109kB)
3. LEMBAR PENGUJI.pdf
Download (169kB)
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (34kB)
5. HALAMAN PRIBADI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (146kB)
6. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf
Download (100kB)
7. KATA PENGANTAR.pdf
Download (87kB)
8. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf
Download (97kB)
9. DAFTAR-DAFTAR.pdf
Download (157kB)
10. BAB 1.pdf
Download (102kB)
11. BAB 2.pdf
Download (325kB)
12. BAB 3.pdf
Download (559kB)
13. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (792kB)
14. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8kB)
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (147kB)
16. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di SMA Negeri 4 Tasikmalaya, permasalahan yang terdapat di SMA Negeri 4 Tasikmalaya adalah rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi teori kinetik gas serta kurangnya inovasi model pembelajaran. Rendahnya kemampuan pemecahan masalah ini ditandai berdasarkan hasil studi pendahuluan berupa wawancara kepada guru dan siswa serta tes kemampuan pemecahan masalah dengan nilai rata-rata 41,75. Peneliti menerapkan model pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) dalam mengatasi permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi teori kinetik gas. Metode Penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group desain. Populasi penelitian ini yaitu seluruh kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Tasikmalaya sebanyak 5 kelas dengan jumlah peserta didik 190 orang. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling sebanyak dua kelas sampel dengan masing-masing satu kelas kontrol dan satu kelas eksperimen. Untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah siswa dilakukan tes sebelum perlakuan (pre-test) dan setelah diberi perlakuan (post-test) berupa soal uraian. Masing-masing soal tersebut mencakup indikator kemampuan pemecahan masalah. Teknik pengolahan data yang digunakan berupa uji validasi instrumen, uji coba instrumen uji prasyarat, uji hipotesis, dan uji N-Gain. Berdasarkan perhitungan hipotesis didapatkan bahwa �ℎ����� > ������ yaitu 4,97 >1,67 sehingga � �� diterima dan �0 ditolak. Artinya ada pengaruh model pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa.Model pembelajaran Means-Ends Analysis berpengaruh signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah karena memberikan pendekatan yang sistematis yang membantu siswa dalam memecahkan masalah dan menemukan cara untuk mencapai solusi yang diinginkan.
Kata kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Model Pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA), Teori Kinetik Gas
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QC Physics |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
| Depositing User: | user1 user1 user1 |
| Date Deposited: | 15 Dec 2025 02:26 |
| Last Modified: | 15 Dec 2025 02:26 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2722 |
