PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI (Kuasi Eksperimen Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024)

RAHMAN, FAJRI BEN (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI (Kuasi Eksperimen Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (17kB)
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (73kB)
[thumbnail of 3. LEMBAR PENGUJI.pdf] Text
3. LEMBAR PENGUJI.pdf

Download (128kB)
[thumbnail of 4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (93kB)
[thumbnail of 5. HALAMAN PRIBADI.pdf] Text
5. HALAMAN PRIBADI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[thumbnail of 6. ABSTRAK.pdf] Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of 7. KATA PENGANTAR.pdf] Text
7. KATA PENGANTAR.pdf

Download (14kB)
[thumbnail of 8. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf] Text
8. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (95kB)
[thumbnail of 9. DAFTAR-DAFTAR.pdf] Text
9. DAFTAR-DAFTAR.pdf

Download (263kB)
[thumbnail of 10. BAB 1.pdf] Text
10. BAB 1.pdf

Download (113kB)
[thumbnail of 11. BAB 2.pdf] Text
11. BAB 2.pdf

Download (423kB)
[thumbnail of 12. BAB 3.pdf] Text
12. BAB 3.pdf

Download (813kB)
[thumbnail of 13. BAB 4.pdf] Text
13. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (582kB)
[thumbnail of 15. BAB 5.pdf] Text
15. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[thumbnail of 16. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (171kB)
[thumbnail of 17. LAMPIRAN.pdf] Text
17. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas X MIPA SMA Negeri 3 Tasikmalaya pada mata pelajaran fisika dalam materi Usaha dan Energi. Rendahnya hasil belajar ini ditandai berdasarkan hasil studi pendahuluan berupa wawancara kepada guru dan siswa serta data nilai ulangan harian dengan rata-rata nilai 60 yang tergolong masih rendah. Salah satu upaya untuk mendukung tercapainya tujuan pembelajaran adalah penggunaan model pembelajaran, salah satunya dengan model scramble yang membuat siswa untuk belajar secara aktif dan bekerjasama dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model scramble terhadap hasil belajar siswa pada materi Usaha dan Energi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini merupakan seluruh kelas X SMAN 3 Tasikmalaya yang berjumlah 12 kelas dengan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling sehingga didapatkan sampel kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 5 sebagai kelas kontrol, untuk mengukur hasil belajar siswa dilakukan tes sebelum perlakuan (pre-test) dan setelah diberi perlakukan (post-test). Instrumen tes hasil belajar kognitif yang digunakan berupa soal pilihan ganda berjumlah 27 soal pada materi usaha dan enegri. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil perhitungan uji t pada taaraf signifikan 5% diperoleh �ℎ����� > ������ yaitu 1,71 > 1,67, sehingga �0 ditolak dan �� diterima. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi usaha dan energi.

Kata kunci: Hasil Belajar, Model Scramble, Usaha dan Energi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: user1 user1 user1
Date Deposited: 12 Dec 2025 08:05
Last Modified: 12 Dec 2025 08:05
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2712

Actions (login required)

View Item
View Item