RAHMAN, FAJRI BEN (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI (Kuasi Eksperimen Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (17kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (73kB)
3. LEMBAR PENGUJI.pdf
Download (128kB)
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (93kB)
5. HALAMAN PRIBADI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (143kB)
6. ABSTRAK.pdf
Download (86kB)
7. KATA PENGANTAR.pdf
Download (14kB)
8. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf
Download (95kB)
9. DAFTAR-DAFTAR.pdf
Download (263kB)
10. BAB 1.pdf
Download (113kB)
11. BAB 2.pdf
Download (423kB)
12. BAB 3.pdf
Download (813kB)
13. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (582kB)
15. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (9kB)
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (171kB)
17. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas X MIPA SMA Negeri 3 Tasikmalaya pada mata pelajaran fisika dalam materi Usaha dan Energi. Rendahnya hasil belajar ini ditandai berdasarkan hasil studi pendahuluan berupa wawancara kepada guru dan siswa serta data nilai ulangan harian dengan rata-rata nilai 60 yang tergolong masih rendah. Salah satu upaya untuk mendukung tercapainya tujuan pembelajaran adalah penggunaan model pembelajaran, salah satunya dengan model scramble yang membuat siswa untuk belajar secara aktif dan bekerjasama dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model scramble terhadap hasil belajar siswa pada materi Usaha dan Energi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini merupakan seluruh kelas X SMAN 3 Tasikmalaya yang berjumlah 12 kelas dengan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling sehingga didapatkan sampel kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 5 sebagai kelas kontrol, untuk mengukur hasil belajar siswa dilakukan tes sebelum perlakuan (pre-test) dan setelah diberi perlakukan (post-test). Instrumen tes hasil belajar kognitif yang digunakan berupa soal pilihan ganda berjumlah 27 soal pada materi usaha dan enegri. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil perhitungan uji t pada taaraf signifikan 5% diperoleh �ℎ����� > ������ yaitu 1,71 > 1,67, sehingga �0 ditolak dan �� diterima. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi usaha dan energi.
Kata kunci: Hasil Belajar, Model Scramble, Usaha dan Energi
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QC Physics |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
| Depositing User: | user1 user1 user1 |
| Date Deposited: | 12 Dec 2025 08:05 |
| Last Modified: | 12 Dec 2025 08:05 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2712 |
